Penulis : Sesilia Sophia Kadita

Pandemi COVID19 memang banyak mengubah dinamika dunia, dan salah satu yang terpapar keras adalah soal pekerjaan. Banyak pekerja yang melakukan kerja dari rumah, banyak pekerja yang terkena PHK, banyak pula pencari kerja baru yang kian sulit mendapatkan pekerjaan karena perusahaan yang mengurangi aktivitasnya. Apa sahabat Werkudara salah satunya?

Tuntutan bekerja dari rumah seakan memaksa dunia untuk berhubungan erat dengan teknologi. Kemajuan teknologi tidak hanya merubah cara kerja, tapi juga jenis pekerjaan. Banyak pekerjaan yang tergantikan oleh teknologi, tapi banyak pula pekerjaan baru yang muncul karena teknologi. Namun, sahabat Werkudara pasti menyadari bahwa transisi jenis pekerjaan yang diambil alih oleh teknologi bukan baru muncul saat pandemi terjadi melainkan sudah berlangsung dari beberapa tahun ke belakang.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memaparkan beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di era new normal dan menurutnya akan berhubungan dengan teknologi seperti IT, internet, dan pengolahan data. Hal ini sejalan dengan survei yang pernah dilakukan oleh Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum tentang pekerjaan di masa depan. Forum Ekonomi Dunia menilai saat ini kita berada pada Revolusi Industri ke-4 di mana digitalisasi menjadi poin utama perubahan.

Pada laporannya di Januari 2020, Forum Ekonomi Dunia mengeluarkan hasil survei berkolaborasi dengan data dari Linkedin yang melihat kelompok pekerjaan dengan pertumbuhan tertinggi selama lima tahun terakhir dan potensinya hingga 2022. Kira-kira pekerjaan apa saja yang muncul saat ini dan dibutuhkan di masa depan?

Data and Artificial Intelligence

Sumber: edureka.co

Jenis pekerjaan yang termasuk ke dalam pengolahan data dan Artificial Intelligence (AI) menjadi kelompok pekerjaan dengan potensi pertumbuhan paling tinggi pada 2022. Pekerjaan yang termasuk dalam kelompok ini adalah AI specialist, data scientist/analyst, data engineer, dan big data developer. Jika kamu ingin bekerja pada bidang ini, maka skill yang diperlukan antara lain data science & storage, software & web development, hingga digital literacy.

Engineering and Cloud Computing

Sumber: riskcloud.com

Digitalisasi tidak lepas dari olah tangan kelompok pekerjaan engineering dan cloud computing. Pekerjaan yang diminati adalah site reliability engineer, python & javascript developer, backend & frontend engineer, dan development specialist. Sedangkan skill yang harus dimiliki adalah seperti development tools, data storage technologies, software development, and computer networking.

People and Culture

Sumber: thebalancecareer.com

Jenis pekerjaan berubah karena teknologi, namun diperlukan orang-orang dari kelompok people and culture atau lebih dikenal dengan Human Resource Development (HRD) untuk membantu para pekerja beradaptasi. Pekerjaan yang termasuk adalah recruiter, human resource, talent acquisition, dan business partner. Skill yang perlu dimiliki HRD adalah business management, people management, employee learning & development, dan compensation & benefits.

Product Development

Sumbe: cleverism.com

Dunia berkembang dengan cepat maka dibutuhkan kreatifitas untuk menciptakan inovasi produk baru dan hal ini dipegang oleh kelompok pekerjaan product development. Pekerjaan yang termasuk ke dalamnya adalah product owner, product analyst, quality assurance, dan agile coach dengan skill yang diperlukan yaitu software testing, project & business development, development tools, dan manufacturing operations.

Sales, Marketing, and Content

Sumber: kbworks.org

Sejalan dengan kemajuan teknologi, perusahaan juga memerlukan sales yang lebih terspesialisasi yang mampu menjelaskan kepada klien dalam jangkauan luas, termasuk rekan bisnis, pemerintah, pelanggan, dan calon pelanggan. Perusahaan memerlukan orang yang mampu menjual produknya, memasarkan secara digital, sekaligus berinteraksi dengan publik melalui konten digital.

Tiga hal ini saling terkait dan tidak terpisahkan ketika berbicara mengenai digitalisasi. Contohnya, publik lebih banyak mengakses konten melalui internet, maka untuk berhasil menjual produk diperlukan pekerja yang paham akan proses pemasaran secara digital. Pekerjaan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain social media specialist, content production, digital marketing specialist, dan sales representative dengan skill digital marketing, design, writing, dan advertising.

Selain adanya perubahan pekerjaan karena teknologi, pekerjaan untuk masa depan ternyata juga memerlukan skills yang lebih spesifik. Mungkin ada di antara sahabat Werkudara yang kuliahnya tidak sesuai namun ingin bekerja pada bidang-bidang tersebut? Jangan berkecil hati, karena sekarang sudah banyak tersedia situs belajar secara daring. Bahkan seminar konvensional telah berevolusi menjadi webinar yang bisa menjangkau audience lebih luas.

Sahabat Werkudara yang terimbas PHK atau belum menemukan pekerjaan yang cocok juga jangan bersedih. Forum Ekonomi Dunia pada 2018 mengatakan bahwa akibat perkembangan teknologi akan ada 75 juta pekerjaan yang hilang namun akan digantikan dengan 133 juga pekerjaan baru pada periode 2018-2022, dan pasti salah satunya ada untuk kamu. Semangat!

Sumber:

Gray, Alex. The 10 Skills You Need to Thrive on the Fourth Industrial Revolution. Weforum.org. 19 Januari 2016 (https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-10-skills-you-need-to-thrive-in-the-fourth-industrial-revolution) diakses pada 19 Agustus pukul 00.09

Hikam, Herdi Alif Al. Catat! 30 Pekerjaan yang Banyak Dicari di Era New Normal. Finance.detik.com. 13 Agustus 2020 (https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5132027/catat-30-pekerjaan-yang-banyak-dicari-di-era-new-normal) diakses pada 19 Agustus pukul 01.36

Schwab, Klaus. The Fourth Industrial Revolution: What It means, How to Respond. Weforum.org. 14 Januari 2016 (https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth-industrial-revolution-what-it-means-and-how-to-respond) diakses pada 19 Agustus pukul 00.11

Thompson, Cadie. 8 Jobs Every Company Will Be Hiring for by 2020. Weforum.org. 22 Januari 2016 (https://www.weforum.org/agenda/2016/01/8-jobs-every-company-will-be-hiring-for-by-2020/) diakses pada 18 Agustus 2020 pukul 20.08

World Economic Forum. 2018. The Future of Jobs Report: Insight Report.  Switzerland: Cologny/Geneva.

World Economic Forum. 2020. Jobs of Tomorrow: Mapping Opportunity in the New Economy. Switzerland: Cologny/Geneva.