Penulis : Diavena Alusia Tamba

Sahabat Werkudara pasti sudah tidak asing lagi dengan psikotes. Beberapa dari kalian mungkin ada yang sudah sering menjalaninya selama mencari kerja. Hal ini dikarenakan psikotes merupakan salah satu proses seleksi yang harus dilewati oleh para pencari kerja untuk mendapatkan posisi yang sedang dilamar. Psikotes kerja umumnya dilakukan sebelum lolos ke tahap interview atau bisa juga dilakukan setelah lolos tahap interview tergantung kebutuhan perusahaan.

Walau beberapa dari kalian sudah sering menjalani psikotes atau jika kalian belum pernah sama sekali mengikuti tes ini, pasti ada perasaan cemas dan gelisah yang menghantui Sahabat Werkudara. Padahal jika kita tahu bagaimana menghadapi tes tersebut, maka kita akan lebih tenang dan mudah melewati tesnya. Maka dari itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas tips bagaimana mempersiapkan diri sebelum menjalani psikotes. Ayo cek artikelnya dibawah ini!

Sumber gambar: https://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/13/08/13/mrgtfp-tips-sukses-menjalani-psikotes

Persiapan Fisik dan Mental

Sumber gambar: https://www.golife.id/tips-mempersiapkan-diri-menghadapi-psikotes-kerja/

Mempersiapkan diri sebelum menjalani psikotes di keesokan hari dapat dilakukan sejak sehari sebelumnya. Persiapan tersebut dilakukan dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh kita dan menjaga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kita sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama kita menjalani tes. Menjaga kondisi kesehatan tubuh juga dapat dilakukan dengan beristirahat yang cukup atau tidur lebih awal. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, maka kita dapat menjalani tes esok hari dengan lebih semangat dan segar.

Jika keadaan fisik kita sudah lebih baik, maka kita akan terhindar dari rasa cemas dan takut yang biasanya muncul sebelum tes dimulai. Dengan keadaan mental yang kurang baik, biasanya akan menimbulkan permasalahan lain yang dapat mengganggu jalannya tes, seperti tidak berhenti merasa mulas atau merasa mual. Maka dari itu, persiapan mental juga diperlukan sebelum menjalani tes dengan menyiapkan fisik atau belajar lebih dulu. Jika keadaan mental sudah lebih baik, kita dapat mengerjakan tes dengan tenang dan mampu menjawab semua pertanyaan.

 

Perbanyak Pengetahuan

Sumber gambar: https://www.nu.or.id/post/read/89054/fiksi-dan-perkembangan-ilmu-pengetahuan

Ada baiknya sebelum menghadapi tes kita mempersiapkan diri dengan perbanyak membaca pengetahuan umum untuk meningkatkan pengetahuan kita sehingga tes yang dikerjakan murni berdasarkan hasil pemikiran kita sendiri. Memperbanyak ilmu pengetahuan dapat dilakukan dengan membaca berita di internet, koran, buku, dan lainnya. Dengan begitu, pengetahuan kita akan bertambah luas dari yang sebelumnya.

 

Percaya Diri dan Optimis

Sumber gambar: https://www.tubasmedia.com/membangkitkan-rasa-percaya-diri-2/#.X08uDtwzbIU

Jika kamu sudah siap secara fisik dan mental untuk melakukan psikotes, kamu pasti akan lebih percaya diri dan optimis bahwa kamu dapat mengerjakan tes tersebut. Rasa percaya diri dan optimis dalam diri akan membantu memberikan sugesti positif kepada alam bawah sadar kita sehingga kita merasa bahwa mengerjakan tes terasa lebih mudah. Namun jika rasa pesimis masih ada pada diri kamu, maka kamu akan merasa kesulitan untuk mengerjakan tes.

 

Konsentrasi dan Fokus

Sumber gambar: https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/kebiasaan-untuk-pelihara-konsentrasi

Konsentrasi, ketelitian, dan ketenangan diri merupakan kunci penting dalam membantu kita untuk mengerjakan tes dengan mudah. Ketiga hal ini bisa didapatkan jika kamu memiliki mental yang siap dan rasa percaya diri yang tinggi untuk mengerjakan tes karena jika kamu sudah belajar tetapi tidak bisa berkonsentrasi dengan baik maka kamu akan merasa sulit dan tidak maksimal dalam mengerjakan tes. Bahkan pada sebagian orang, konsentrasi yang kurang dapat membuat kita gagal menjalani tes.

 

Persiapan Alat

Sumber gambar: bizfluent.com

Jika kamu menjalani tes secara offline, kamu perlu menyiapkan alat tulis yang lengkap dan cadangannya sehingga tidak repot mencari pengganti jika terjadi kendala pada alat tulis kamu selama tes. Mempersiapkan alat tulis menjadi sangat penting sebelum menghadapi tes agar ketika tes berlangsung kita tidak mengganggu peserta lain dengan meminjamnya pada mereka.

Jika kamu menjalani tes online, kamu harus mempersiapkan gawai sebagai media untuk pengerjaan tes dan jaringan yang stabil agar tes berjalan lancar. Kamu harus memastikan bahwa kamu telah mengisi daya gawai sampai penuh dan memiliki koneksi jaringan yang stabil atau kamu juga bisa menyiapkan dua atau lebih gawai. Kamu juga perlu menentukan tempat yang nyaman untuk mendukung kelancaran pengerjaan tes.

 

Berdoa

Sumber gambar: https://www.golife.id/tips-mempersiapkan-diri-menghadapi-psikotes-kerja/

Berdoa merupakan hal paling penting yang tidak boleh dilewatkan oleh peserta tes manapun. Berdoa dapat kamu lakukan sebelum tes dimulai dan selesai tes dimulai. Kita memang sudah belajar dan berusaha dengan maksimal tetapi Tuhan yang menjadi penentu apakah usaha kita sudah pantas atau belum. Dengan berdoa meminta penyertaan Yang Maha Kuasa, kita juga dapat lebih tenang untuk mengerjakan psikotes.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi psikotes. Sebenarnya tidak sulit, hanya saja kita memang dituntut untuk menyiapkan mental dengan baik. Hal ini dikarenakan jika mental kita kurang baik, maka akan berdampak pada rasa percaya diri dan konsentrasi kita dalam mengerjakan tes karena dalam psikotes sendiri bukan melihat kepintaran yang kita miliki tetapi bakat, kemampuan, dan kepribadian yang belum kita sadari. Jika perusahaan melihat adanya potensi dalam diri kita, tentu saja kita akan lolos. Maka dari itu persiapkan dirimu dengan baik dan kerjakan tes dengan tenang. Selamat berjuang Sahabat Werkudara!

 

Sumber:

1.   Vonika Maulita. 14 Agustus 2016. Tips Mengerjakan Tes Psikotes dan Kiat-Kiatnya!. Diakses pada tanggal 1 September 2020, dari https://www.futuready.com/artikel/lifestyle-leisure/tips-mengerjakan-tes-psikotes-dan-kiat-kiatnya/

2.   Mutia Isni. 26 Januari 2018. 7 Tips Mempersiapkan Diri sebelum Menjalani Psikotes Kerja. Diakses pada tanggal 1 September 2020, dari https://glints.com/id/lowongan/persiapan-psikotes-kerja/#.X08EQtwzbIU

3.   Rima Mustika. 5 Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Psikotes Kerja. Diakses pada tanggal 1 September 2020, dari https://www.golife.id/tips-mempersiapkan-diri-menghadapi-psikotes-kerja/

4.   Deden. 27 Juli 2016. Ini 4 Persiapan Penting Sebelum Mengikuti Psikotes. Diakses pada tanggal 1 September 2020, dari https://magazine.job-like.com/ini-4-persiapan-penting-sebelum-mengikuti-psikotes/