Penulis : Diavena Alusia Tamba

Kemarin, 5 September 2020, Werkudara Institute kembali lagi dengan program Ceritasiksoresore episode #4. Bagi Sahabat Werkudara yang belum tahu, Ceritasiksoresore merupakan mini session dari Webinar Ceritasik yang tayang di Live IG dan berdurasi sekitar 30 menit. Tema yang dibahas dalam Ceritasiksoresore kali ini adalah “Tips dan Trik Mencari Kerja di Masa Pandemi”. Pembicaranya kali ini adalah Founder dan CEO Werkudara Institute, yaitu Fransiscus Ian atau biasa dipanggil Mas Ian serta ditemani oleh host spesial, yaitu Klara Putri dari Business Development Manager di Werkudara Institute.

Dalam Ceritasiksoresore kali ini, Mas Ian melihat bahwa sebagian besar perusahaan memang cukup terdampak dengan adanya pandemi ini sehingga melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan atau merumahkan sebagian besar karyawannya. Walau begitu ada juga perusahaan yang tidak terdampak dan bahkan ada yang semakin berkembang tergantung apa jenis industri atau jenis perusahaannya.

Beberapa sektor yang terdampak pandemi, salah satunya adalah pariwisata yang mana belum semua tempat wisata dibuka dan masih diperketat dengan adanya protokol kesehatan. Selain itu sektor lain yang terdampak, yaitu penerbangan, restoran tertentu, bioskop, tempat olahraga, otomotif, dan pertambangan minyak bumi.

Mas Ian juga menambahkan beberapa sektor yang tetap stabil dan malah ada yang semakin berkembang di masa pandemi ini, yaitu pendidikan, bank, pertanian, manufaktur, asuransi, e-commerce, aplikasi streaming, farmasi, dan logistik. Logistik semakin berkembang mengingat di masa pandemi ini semakin banyak masyarakat yang berbelanja secara online.

Menurut Mas Ian, beberapa perusahaan yang melakukan PHK pada karyawannya dikarenakan kondisi pandemi yang sulit dan adanya perubahan sistem kerja pada perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan berusaha melakukan peremajaan dan menyusun strategi untuk beralih menjadi online sehingga perusahaan mampu menyesuaikan diri dengan kondisi atau keadaan di masa pandemi ini.

Nah maka dari itu, kali ini Mas Ian akan memberikan sedikit tips untuk kamu yang sedang mencari kerja. Yang perlu dilakukan oleh para pencari kerja atau job seeker, yaitu mulai dengan bersabar. Sekarang semua orang sedang mengalami kondisi yang sulit jadi kita perlu bersabar. Setelah itu, kamu bisa mulai membangun jejaring dengan pemilik perusahaan atau HRD sehingga ketika suatu saat ada lowongan kerja, kamu bisa segera mengirimkan lamaran kerja. Selain itu, kamu juga harus selalu siap jika suatu saat mendapat panggilan untuk interview atau tes. Kamu juga perlu menambah skill dengan ikut pelatihan atau webinar, baik yang berbayar maupun gratis. Sebenarnya kamu bisa mulai mencoba lowongan kerja yang sifatnya internship atau kontrak. Walau gajinya tidak besar, setidaknya tidak menutup kemungkinan jika perusahaan lebih stabil maka kamu akan langsung direkrut. Dari semua tips yang disebutkan diatas, yang terpenting adalah berdoa.

Sebenarnya lebih baik menambah skill atau berwirausaha? Menurut Mas Ian sendiri, kamu harus fokus sama tujuan utama kamu. Jika kamu ingin kerja di perusahaan atau bekerja profesional, kamu bisa ikut pelatihan. Jika kamu memiliki modal dan ingin coba berbisnis, kamu bisa mulai berwirausaha. Kedua hal tersebut sama pentingnya tetapi jika kamu ikut pelatihan maka kamu akan mendapat lebih banyak teori, sedangkan jika kamu berwirausaha maka kamu tidak hanya mendapatkan teori tetapi merasakan langsung bagaimana praktik di lapangannya.

Walau begitu, pasti ada beberapa job seeker yang merasa gengsi dan minder karena belum mendapat pekerjaan. Jika memang kamu belum dapat kerja atau usaha kamu belum berkembang, kamu tidak perlu merasa gengsi atau minder karena memang di masa pandemi ini semua sedang mengalami kesulitan. Kamu harus mulai berpikir bagaimana caranya menjadi orang yang solutif di masa pandemi ini. Tidak perlu malu jika memulai pekerjaan dari yang kecil karena dari situ kamu bisa mulai belajar bersyukur daripada hanya duduk diam saja.

Sebagai penutup acara, Mas Ian berpesan buat kamu para job seeker untuk mulai mengambil peluang yang ada di depan mata dan belajar bersyukur karena masih banyak orang diluar sana yang tidak lebih baik dari kamu saat ini. Semangat untuk teman-teman yang masih berjuang! Kami pasti akan selalu mendukung kalian!

Untuk kamu yang ketinggalan Ceritasiksoresore kali ini, bisa menonton tayangan ulangnya di IG TV @werkudara.ins. Jangan lupa untuk tonton Ceritasiksoresore di episode yang akan datang! Sampai jumpa.