Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Halo! Perkenalkan, saya seorang content writer intern di Werkudara Institute. Kali ini ingin membagikan beberapa tips menjadi content writer pemula sesuai dengan apa yang saya alami.

Sebelumnya, apa sih content writer itu? Content writer adalah seorang penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik berbentuk tulisan seperti artikel, blog, atau post di media sosial yang berbasis online. Pada intinya, content writer adalah penulis untuk platform digital.

Kamu tertarik menjadi content writer? Pilihan yang tepat! Berdasarkan laporan Forum Ekonomi Dunia pada Januari 2020, jenis pekerjaan di bidang konten adalah salah satu pekerjaan yang berkembang pesat dan berpotensi tinggi di masa depan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang content writer:

 

Banyak Membaca

(Sumber: cnnindonesia.com)

Kamu ingin menjadi seorang penulis yang tulisannya akan dibaca oleh banyak orang, tapi tidak suka membaca? Membaca dan menulis adalah suatu kesatuan. Menjadi seorang penulis andal perlu diawali dari tingginya minat membaca. Budaya membaca memungkinkan seorang penulis untuk menemukan tren, mencari ide, mencari gaya tulisan, ataupun menambah ilmu.

Ilmu terus berkembang, begitu pula dengan ilmu menulis. Dasar penulisan suatu artikel bisa jadi sama, namun akan terus berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Seperti pepatah mengatakan, di atas langit masih ada langit. Kamu perlu terus belajar untuk menjadi seorang profesional dengan membaca karya-karya profesional lain.

Pelajari Kaidah Penulisan PUEBI.

(Sumber: gramedia.com)

Kamu ingin menjadi seorang content writer, tentu harus tahu kaidah penulisan dengan pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Sejak di bangku SD kamu pasti sudah mempelajari cara menulis yang benar. Namun apakah kamu sudah memahami semuanya? Produk dari seorang content writer adalah tulisan dan tulisan itu bisa menjadi panduan atau inspirasi orang lain. Otomatis sebagai dasar, kamu harus memahami cara menulis yang benar secara struktural.

Banyak hal yang perlu kamu perhatikan mulai dari pemilihan kata sesuai KBBI, penggunaan kata depan, penggunaan huruf besar, penggunaan tanda baca, dan lain sebagainya. Kamu mungkin merasa terlalu banyak PUEBI yang perlu dipahami dan kerap kali masih menemukan kesalahan. Namun lebih baik salah dan menemukan yang benar selanjutnya, daripada tidak belajar dari kesalahan. Sampai saat ini pun saya masih melakukan beberapa kesalahan.

 

Jangan Menulis Hanya Berdasarkan Mood

(Sumber: merahputih.com)

Seorang content writer biasanya sudah memiliki target berapa tulisan yang harus dibuat dalam sehari atau seminggu. Namun terkadang kita merasa tidak memiliki mood untuk menulis pada suatu waktu. Hal ini yang kerap kali menjadi kendala bagi content writer pemula.

Kunci menjadi seorang content writer adalah konsistensi dalam menulis. Seorang content writer profesional bahkan bisa menulis beberapa artikel dalam sehari. Karena pekerjaan utama content writer adalah menulis, kamu harus membiasakan diri untuk menulis secara konsisten setiap harinya. Kamu akan berhadapan dengan deadline kerja yang tidak mengenal mood.

 

Pilih Tema Yang Menarik

(Sumber: dreamstime.com)

Keberhasilan dari kerja seorang content writer adalah mendapatkan pembaca dalam jumlah banyak. Nah, untuk mendapatkan banyak pembaca kamu harus menyajikan tema tulisan yang menarik, sedang trend saat ini, dan relevan dengan banyak orang.

Jika kamu bekerja menjadi content writer di suatu perusahaan, maka traffic di platform digital perusahaan seperti website dan media sosial menjadi tanggung jawabmu. Kamu dituntut bagaimana menuangkan tema yang tren saat ini ke dalam tulisan yang juga terintegrasi dengan fokus bisnis atau nilai perusahaan.

 

Mengatasi Writer’s Block

(Sumber: psikogenesis.com)

Kendala yang kerap ditemui oleh content writer atau jenis penulis lainnya adalah mampet ide atau bahasa kerennya writer’s block. Bagaimana caranya supaya ide tetap mengalir?

1.   Based on problem

Kamu bisa menulis artikel berangkat dari suatu masalah. Tanyakan pada diri sendiri, apa masalah yang sedang dihadapi. Contohnya, kamu ingin membuat artikel tentang bisnis, maka temukanlah ada masalah apa di dunia bisnis saat ini. Apa yang sedang dipertanyakan banyak orang dapat akan terjawab dalam tulisanmu.

2.   Based on research

Seperti penjelasan di awal, kamu harus banyak membaca supaya dapat menemukan ide tulisan. Membaca trend saat ini akan memberimu ide mengenai apa yang harus ditulis dan menarik bagi banyak orang karena sedang hangat diperbincangkan. Sebagai tips, topik yang sedang banyak dibahas dapat kamu lihat di website atau akun portal media online.

3.   Based on topic (mind mapping)

Biasanya kamu sudah memiliki tema besar, namun bingung ingin menulis dari sisi mana. Kamu bisa mencoba mencari topik melalui Google Trends. Tinggal masukkan tema atau kata kunci, kemudian muncul topik turunan dari tema tersebut yang sedang banyak dibahas. Dari sini kamu bisa melakukan mind mapping dengan menuliskan tema besar yang kemudian dijabarkan dalam topik-topik kecil. Selamat, kamu sudah mendapatkan ide tulisan untuk beberapa bahan ke depan!

Itu tadi beberapa tips yang bisa saya berikan dari sisi content writer pemula. Kamu tertarik untuk mencoba menjadi content writer? Saat ini Werkudara Institute sedang mempersiapkan program freelance content writer yaitu kesempatan untuk mempublikasikan artikel kamu di website Werkudara Institute. Jika kamu berminat, tunggu informasi selanjutnya melalui instagram @wekudara.ins. Jangan sampai ketinggalan, ya!

 

 

Sumber:

Deviana, Intan. 3 April 2019. 10 Tips Ampuh Menjadi Content Writer Profesional. https://www.idntimes.com/life/career/intan-deviana-safitri/10-tips-ampuh-wujudkan-impian-menjadi-content-writer-profesional-c1c2/10 (Diakses pada 17 September 2020 pukul 00.59)

Jessica, Chrissila. 12 Maret 2020. Gemar Menulis? Coba Kenali Karier Sebagai Content Writer. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-writer/#.X2JTlRAzbIV (Diakses pada 17 September pukul 01.04)

Niswi, Uswatun. 4 Oktober 2018. Suka Writers Block? Ini 5 Cara Memantik Ide Menulis Tiada Habis. https://www.idntimes.com/life/inspiration/uswatun-niswi/5-cara-memantik-ide-menulis-tiada-habis-c1c2/5 (Diakses pada 17 September 2020 pukul 01.01)