Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsultan adalah ahli yang bertugas memberi petunjuk, pertimbangan, atau nasihat dalam suatu kegiatan (penelitian, dagang, dan sebagainya). Dalam dunia usaha atau bisnis, konsultan yang berperan adalah konsultan bisnis. Konsultan bisnis bisa diartikan sebagai ahli yang bertugas memberikan petunjuk, pertimbangan, atau nasihat mengenai bisnis.

Perusahaan yang butuh konsultan bisnis bukan hanya perusahaan besar saja, namun justru sangat penting untuk usaha kecil yang baru merintis untuk melakukan konsultasi. Utamanya, konsultan bisnis berperan untuk membantu memetakan rencana bisnis hingga strategi kedepannya.

 

Pandangan Objektif Pihak Ketiga

(Sumber: masteryinfotech.com)

Apakah kamu pernah meminta pandangan atau masukan dari orang lain ketika memiliki masalah? Sama halnya dengan melakukan bisnis, kamu butuh pandangan orang ketiga untuk melihat apa yang kamu hadapi ini secara netral. Biasanya pemilik usaha sudah memiliki jawaban untuk masalahnya, namun masih ragu untuk mengeksekusinya. Maka dari itu dibutuhkan konsultan bisnis untuk memprediksi risiko dan menawarkan solusi.

Konsultan bisnis juga sudah berpengalaman menangani beberapa klien yang berbeda. Dengan pengalaman tersebut, konsultan bisnis bisa melihat suatu masalah dari banyak perspektif dan memberikan jawaban terbaik berdasarkan pengalaman. Kemampuan melihat suatu masalah dari berbagai perspektif memunginkan konsultan bisnis memberikan pandangan dan solusi yang objektif.

 

Kebutuhan akan Tenaga Ahli

(Sumber: spencernetwork.org)

Kelebihan konsultan bisnis adalah menawarkan keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh karyawan atau bahkan pemilik usaha sendiri. Sebuah perusahaan yang menawarkan jasa konsultan bisnis pastinya merupakan ahli di bidangnya dan memiliki banyak pengalaman sehingga terpercaya untuk menangani seluk beluk bisnis mulai dari A hingga Z. Dari pengalaman yang dimiliki konsultan bisnis pula, pemilik usaha dapat dihubungkan dengan ahli lainnya misal ahli keuangan.

 

Menghemat Waktu dan Biaya

(Sumber: soocadesign.com)

Biasanya hambatan yang dihadapi oleh pemilik usaha adalah untuk menyelesaikan masalah segera mungkin. Namun karena keterbatasan keahlian karyawan atau bahkan pemilik usaha sendiri, tidak ada yang mampu fokus menyelesaikan masalah tersebut. Maka dari itu pemilik usaha perlu mengandalkan jasa konsultan bisnis untuk meng-handle pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan.

Selain itu jika pemilik usaha mempekerjakan karyawan baru untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka akan membutuhkan biaya yang besar setiap bulannya. Konsultan bisnis hadir dengan memungkinkan pemilik usaha untuk menggunakan jasa di saat yang dibutuhkan, dengan begitu pemilik usaha akan lebih menghemat biaya.

 

Membantu Menemukan Peluang Bisnis

(Sumber: bacalagers.com)

Pemilik usaha mungkin sudah menyusun strategi dan mengeksekusinya dengan dibantu oleh konsultan bisnis. Namun peran dari konsultan bisnis belum selesai. Konsultan bisnis akan selalu membuka mata dan telinga untuk menemukan peluang bisnis. Konsultan bisnis selalu memberikan inovasi terbaru karena terus mengikuti perkembangan, sehingga bisa membantu perusahaan ikut berkembang dan keluar dari zona nyaman.

Werkudara Institute melalui Werkudara Project menyediakan jasa konsultasi untuk membantu perusahaan dan organisasi di Indonesia. Dalam prosesnya, kami menggunakan pendekatan konsultasi proses (consulting process) yang membantu perusahaan/organisasi mulai dari riset awal untuk mengetahui kondisi perusahaan hingga pelaksanaan intervensi. Dengan begitu perusahaan/organisasi dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Informasi mengenai jenis konsultasi apa saja yang diberikan oleh Werkudara Institute, silakan klik di sini.

 

Cekindo. 5 Alasan Pentingnya Konsultan Bisnis bagi Bisnis Anda di Indonesia. https://www.cekindo.com/id/blog/konsultan-bisnis-indonesia-penting (Diakses pada 1 Oktober 2020 pukul 7.47)

Chaerunnisa. 8 Juni 2020. Konsultan Bisnis: Peran, Manfaat Sampai Tips Memilihnya. https://lifepal.co.id/media/konsultan-bisnis/ (Diakses pada 1 Oktober 2020 pukul 6.43)

GLC World. 4 Rahasia Perusahaan Butuh Konsultan Bisnis, https://glcworld.co.id/4-rahasia-perusahaan-butuh-konsultan-bisnis-perusahaan/ (Diakses pada 1 Oktober 2020 pukul 6.52)