Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Apakah Sahabat Werkudara pernah mengikuti program magang? Untuk apa sebenarnya program magang itu? Magang dapat diibaratkan sebagai gerbang awal untuk kamu masuk dan mengenal dunia kerja yang sesungguhnya. Setelah melewati magang, kamu tidak akan kaget lagi ketika akan bekerja secara serius di sebuah perusahaan. Selain itu, program magang ternyata punya beberapa keuntungan yang tidak kalah menarik dengan bekerja biasa di suatu perusahaan. Maka dari itu, tidak heran jika masih banyak orang yang berlomba-lomba untuk melamar ke program magang. Seperti apa keuntungan yang akan kamu dapatkan saat mengikuti magang? Simak penjelasannya di artikel berikut!

 

Menambah Wawasan dan Pengalaman

Sumber gambar: https://medevacfoundation.org/internship/

Dengan mengikuti magang, kamu bisa menambah wawasan terkait sistem kerja di suatu perusahaan, seperti pembagian tugas tiap divisi, keterlibatan dalam project perusahaan, skill atau kompetensi yang dibutuhkan di suatu posisi, dan lainnya. Semua wawasan tersebut nantinya akan membantu kamu menjadi sumber daya yang berkualitas.

Selain itu, mengikuti magang juga dapat membantu kamu menambah pengalaman di dunia kerja. Semakin banyak program magang yang kamu jalani, semakin banyak pula pengalaman kamu di suatu bidang. Dengan berbagai pengalaman yang kamu rasakan, kamu dapat mengetahui dan menentukan dengan baik karir seperti apa yang kamu inginkan di masa depan.

 

Menambah Jaringan

Sumber gambar: http://superyouth.id/4-alasan-mengapa-kamu-harus-mencoba-magang-di-perusahaan-startup/

Relasi atau jaringan adalah hal penting dalam dunia kerja. Magang dapat memberikan peluang besar pada kamu untuk bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk memperluas jaringan profesional. Hal ini dikarenakan jaringan ini bisa sangat berguna saat kamu sudah masuk dunia kerja. Selain itu banyak berinteraksi dengan profesional juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan referensi yang beragam.

 

Belajar Mengelola Waktu

Sumber gambar: https://stainumalang.ac.id/manajemen-waktu/

Magang ternyata juga dapat membantu seseorang untuk belajar mengelola waktu, terutama sebelum benar-benar masuk ke dunia kerja. Jam kerja magang yang tidak jauh berbeda dengan jam kerja pada umumnya membuat kamu tidak akan kaget saat sudah bekerja di sebuah perusahaan. Kamu akan memahami bahwa saat bekerja, setiap menit pasti berharga. Bagaimana kamu menepati deadline, mengerjakan pekerjaan dengan tuntas, dan sedikit banyak akan memberimu skill pengelolaan waktu yang baik.

 

Mengembangkan Skill dan Keterampilan

Sumber gambar: https://www.marj3.com/en/video-and-animation-internship-from-erasmus-intern-in-netherlands-2020.html

Saat magang biasanya kamu akan mendapatkan sejumlah tugas dimana tugas tersebut membutuhkan keterampilan yang praktis. Kamu bisa belajar banyak dari tugas yang diberikan kepadamu untuk menambah skill baru atau mengasah skill yang sudah ada menjadi lebih baik untuk diterapkan nantinya. Skill atau keterampilan tidak melulu berupa hal besar karena hal-hal kecil yang dianggap sepele pun dapat dikembangkan menjadi hal bermanfaat.

 

Memberi Peluang Pekerjaan

Sumber gambar: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3484249/13-perusahaan-besar-ini-lagi-buka-lowongan-kerja-buruan-kirim-cv

Saat wawasan, pengalaman, jaringan, dan keterampilan kamu bertambah, hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi kamu. Perusahaan atau instansi tempat magang kamu sebelumnya akan melihat potensi tersebut dan akan ada kemungkinan untuk kamu diterima bekerja di perusahaan tersebut dengan posisi yang tetap. Selain itu, potensi yang kamu miliki juga dapat membantu kamu untuk diterima di tempat kerja yang kamu inginkan.

Itu tadi beberapa keuntungan magang yang bisa kamu dapatkan untuk karir kamu di masa depan. Mungkin masih ada beberapa orang yang menganggap sepele pekerjaan magang dikarenakan upahnya yang tidak begitu besar dan jangka waktu kerja yang terbilang singkat. Namun bagi seseorang yang tidak suka bekerja dalam jangka waktu panjang, magang dapat menjadi pilihan yang sesuai. Jangka waktu kerjanya memang singkat, tetapi bisa menambah pengalaman dan keterampilan seseorang. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencoba program magang. Siapa tahu setelah mengikuti program magang, kamu mendapatkan kesempatan yang lebih baik untuk karir kamu di masa depan. Selamat mencoba!

 

Sumber:

1.   Fransisca Stefanie. 12 April 2019. 5 Alasan Mutlak Proses Magang Itu Penting Untuk Jenjang Karier. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020, dari https://www.idntimes.com/life/career/fransisca-stefanie-chandra/alasan-mutlak-kenapa-proses-magang-itu-penting-untuk-jenjang-karier-c1c2/5/full

2.   Brilio. 17 November 2016. 6 Keuntungan ini cuma dirasain sama anak magang. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020, dari https://www.brilio.net/kepribadian/6-keuntungan-ini-cuma-dirasain-sama-anak-magang-kamu-nggak-pengen-161117f.html

3.   Rappler. 10 Maret 2017. 5 Alasan Mengapa Program Magang Penting untuk Dijalani. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020, dari https://www.rappler.com/world/bahasa-indonesia/alasan-mengapa-program-magang-penting-diikuti

4.   6 Juli 2020. Ingin Magang? Kenali Dulu Apa Itu Magang: Manfaat & Tips. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020, dari https://pintek.id/blog/apa-itu-magang/