Penulis: Diavena Alusia Tamba

 

Saat ini digital marketing menjadi salah satu strategi marketing paling banyak digunakan oleh para pengusaha bisnis dimana pemasaran produk dilakukan melalui saluran digital dan salah satunya adalah sosial media. Media sosial yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat sendiri adalah Youtube. Youtube menawarkan cara promosi yang berbeda dari media sosial lainnya, yaitu dengan mengandalkan visual berupa suara dan video yang dapat diakses secara online. Tidak heran jika masyarakat betah berlama-lama menghabiskan waktu di Youtube. Maka dari itu, cobalah untuk mulai mempromosikan bisnis kamu di Youtube. Ada beberapa manfaat YouTube untuk bisnis yang dapat kamu pertimbangkan sebagai strategi digital marketing.

Memperkenalkan Brand

Sumber gambar: https://www.dewaweb.com/blog/brand-awareness/

Youtube memiliki peran penting sebagai search engine yang paling banyak dikunjungi setelah Google. Youtube sendiri memiliki lebih dari 2 miliar pengguna yang mana artinya Youtube memiliki hampir sepertiga dari seluruh pengguna internet. Tentu saja hal ini akan menambah nilai keefektifan Youtube sebagai sarana untuk memperkenalkan brand dari bisnis kamu. Kamu bisa menayangkan sebuah video dari produk bisnis kamu untuk menjangkau target audiens yang kamu inginkan. Hal itu merupakan salah satu bentuk promosi produk atau brand yang kamu miliki. Maka dari itu, kamu bisa mulai untuk membuat channel Youtube kamu sendiri agar masyarakat lebih mudah mengenal brand dari bisnis kamu.

Memberikan Informasi

Sumber gambar: https://blog.usetada.com/id/kenali-perbedaan-brand-advocate-brand-ambassador-dan-influencer

Jika bisnis kamu ingin dikenal dan dipercaya oleh banyak orang, kamu harus mulai menampilkan sebuah video yang bertujuan untuk memberi informasi secara lengkap dan mengedukasi masyarakat terkait bisnis kamu. Video yang berisikan informasi berupa gambar dan deskripsi saja tidak cukup untuk membuat masyarakat tertarik pada produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa membuat sebuah video yang mencakup deskripsi mengenai bisnis kamu, pengetahuan akan produk yang kamu jual, proses produksi, tutorial penggunaan, hingga testimonial dari klien. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan tertarik pada bisnis kamu.

 

Menjangkau Pasar Luas

Sumber gambar: https://www.digination.id/read/011653/10-tips-branding-bisnis-lokal-dengan-budget-minimal

Sosial media merupakan salah satu media promosi online yang tidak terbatas ruang dan waktu sehingga kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Youtube sering menjadi salah satu pilihan sosial media bagi para pengusaha untuk mempromosikan produknya. Hal ini tentu saja dikarenakan hampir semua orang menggunakan internet sehingga mau dimanapun kamu berada atau kapanpun kamu mempromosikan produkmu, masyarakat akan tetap mendapatkan pemberitahuan terkait produk yang mereka inginkan.

 

Mengoptimalkan SEO

Sumber gambar: https://elitemarketer.id/content/optimasi-seo-untuk-website-wordpress-anda/

Kamu pasti mengetahui bahwa Youtube merupakan salah satu bagian dari Google. Sebagai bagian dari salah satu search engine terbesar, tentu saja penggunaan Youtube akan membantu memaksimalkan SEO bisnis kamu. Jika kamu menggunakan Youtube dan melampirkan url yang terhubung langsung dengan website bisnis kamu, maka traffic website kamu juga akan semakin meningkat. Kamu dapat mengoptimalkan penggunaan Youtube dengan menambahkan deskripsi dan keyword-keyword yang nantinya akan membantu klien untuk menemukan video bisnis kamu.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika kamu menggunakan Youtube sebagai salah satu media promosi bisnis kamu. Memang ada beberapa kekurangan dalam mempromosikan produk di Youtube, tetapi tentu saja kekurangan tersebut dapat diatasi dan dicari solusinya. Jika kamu tahu bagaimana menggunakan Youtube secara optimal dan merancang konten yang kreatif serta menarik, maka kamu akan dengan mudah mencapai target pasar yang telah kamu tentukan. Walau begitu untuk mempromosikan konten Youtube sendiri, kamu juga masih membutuhkan media lain. Kamu dapat membagikan unggahan video produk kamu melalui media sosial lainnya kepada orang disekitar kamu dan masyarakat luas. Maka dari itu, mulailah mencoba untuk merancang konten bisnis kamu sendiri di Youtube. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

1. Youtube. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020, dari https://www.youtube.com/intl/id/about/press/

2.   Katadata. (6 Maret 2019). Youtube, Medsos No. 1 di Indonesia. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020, dari https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a55212afab/youtube-medsos-no-1-di-indonesia

3.   Nelsi Islamiyati. (24 Februari 2014). 4 Manfaat Membuat Video untuk Bisnis dan Toko Online Anda. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020, dari https://mebiso.com/4-manfaat-membuat-video-untuk-bisnis-dan-toko-online-anda/

4. Retno Triastuti. (13 Agustus 2016). 3 Alasan Menggunakan Youtube Untuk Meningkatkan Penghasilan. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020, dari http://internetmarketing.co.id/3-alasan-menggunakan-youtube-untuk-meningkatkan-penghasilan/