Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Halo Sahabat Werkudara! Kali ini Werkudara Insititute kembali menggelar Ceritasiksoresore episode #10 pada Sabtu, 17 Oktober 2020 jam 16.30 WIB di Live IG dan tema yang membahas seputar “Tips dan Trik Sukses Magang Agar Siap Kerja”. Narasumber kali ini adalah Mas Agrin yang merupakan Junior Consultant di Werkudara Institute dan yang memandu acara adalah Mbak Dita yang merupakan Content Writer Intern di Werkudara Institute.

Pada tema kali ini, Mas Agrin mencoba membagikan pengalamannya saat masih magang di beberapa perusahaan sebelumnya. Mas Agrin sempat magang di salah satu finance company yang berada di Jakarta Selatan dengan posisi Human Capital Recruitment Talent and Career Management. Durasi magang yang dilakukan oleh Mas Agrin adalah sekitar 4 sampai 5 bulan.

Mas Agrin menjelaskan bahwa ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila mengikuti program magang, seperti mendapatkan pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang yang kamu ambil, meningkatkan skill, menambah jaringan profesional, mendapatkan tempat untuk mempraktikkan apa yang telah kamu pelajari selama di perkuliahan, dan referensi kerja.

Namun sebelum kamu magang, tentu saja ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu kamu harus mempersiapkan ilmu sebelum kamu melamar magang. Kenapa harus mempersiapkan ilmu dulu? Karena saat kamu magang, kamu tidak hanya menerima ilmu dari tempat magang tetapi juga memberikan bekal ilmu yang kamu dapatkan selama di perkuliahan. Selanjutnya adalah mencari informasi. Kamu dapat mencari informasi terkait magang di job fair, media sosial, dan job portal lainnya. Ketika sudah mendapatkan informasi terkait magang, kamu harus mempersiapkan ke tahap selanjutnya. Ada beberapa perusahaan yang meminta kamu mempersiapkan dokumen, seperti CV, portofolio, dan proposal. Namun, ada pula perusahaan yang meminta kamu untuk mengikuti tahap seleksi, seperti psikotes dan interview. Setelah lulus seleksi, yang kita persiapkan adalah fisik dan mental untuk terjun langsung ke dunia kerja.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat kita sudah diterima untuk magang? Kamu harus mengenali situasi dan lingkungan kerja, kamu harus melihat visi-misi dan value dari perusahaan, melihat budaya organisasi, mengenali karakteristik tiap pekerja karena di setiap divisi pasti memiliki karakter pekerja yang berbeda-beda, menghargai senior atau atasan, proaktif dan up to date, serta tetap terhubung atau menjaga relasi sosial agar kamu memiliki jaringan yang lebih luas.

Mas Agrin juga menjelaskan bahwa ada banyak sekali ilmu yang akan kamu pelajari selama magang. Tentu saja ilmu pertama yang akan kamu dapatkan adalah pengetahuan dasar terkait jurusan yang sedang kamu tekuni atau posisi magang yang kamu ambil. Soft skill lain yang akan kamu dapatkan adalah komunikasi atau public speaking dimana nantinya kamu akan dihadapkan pada posisi yang mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan orang lain atau memberikan informasi yang jelas pada orang lain. Kamu juga akan belajar time management, leadership, dan teamwork.

Bagaimana jika mengikuti program magang namun tidak sesuai jurusan? Hal tersebut tidak menjadi masalah. Kamu hanya perlu memperhatikan requirement yang diberikan oleh perusahaan. Apabila perusahaan meminta untuk menonjolkan keahlian kamu, maka kamu dapat menunjukkannya melalui CV. Kamu juga dapat melampirkan sertifikat dari seminar atau workshop yang pernah kamu ikuti sebelumnya dalam portofolio kamu.

Program magang juga tidak selalu harus menunggu kewajiban dari kampus. Kamu dapat melakukan magang walau kampus kamu tidak menuntut kamu untuk mengikuti program magang. Kamu juga bisa mengikuti program magang ketika sudah lulus kuliah. Semua tergantung dari keinginan kamu sendiri untuk mencari ilmu tambahan atau pengalaman di luar ilmu yang kamu dapatkan di kampus. Namun kamu juga harus memperhatikan ketentuan dari perusahaan apakah perusahaan tersebut mencari karyawan magang yang masih kuliah, yang sudah lulus kuliah, atau bahkan bisa keduanya.

Beberapa dari kamu mungkin mengetahui bahwa program magang sendiri ada yang paid dan unpaid. Mengapa demikian? Alasan setiap perusahaan tentu saja berbeda-beda. Memang ada beberapa perusahaan yang tidak membayar karyawan magangnya dikarenakan tingkat kesulitan dalam pekerjaannya tidak begitu tinggi. Walau ada pula yang tingkat kesulitan pekerjaannya cukup tinggi tetapi tetap tidak dibayar oleh perusahaan. Selain itu, ada pula perusahaan yang membayar karyawan magangnya dikarenakan merasa bahwa tingkat kesulitan pekerjaannya cukup tinggi. Jadi semua itu balik lagi pada kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Lalu apakah etis jika kamu bertanya terkait paid atau unpaid? Menurut Mas Agrin, hal itu tentu dirasa kurang etis. Esensi magang sendiri adalah belajar. Ketika kamu memutuskan mengikuti magang berarti ada ilmu yang ingin kamu dapatkan dari kegiatan tersebut. Anggap saja bayaran yang kamu terima itu adalah bonus. Jadi ketika kamu belajar dan mencari ilmu, kamu diberikan bonus berupa bayaran oleh perusahaan.

Sekarang kamu sudah mengetahui cukup banyak terkait magang, tetapi mungkin beberapa dari kamu ada yang bingung mau memilih magang atau part time. Memang apa bedanya? Mas Agrin sendiri menjelaskan bahwa kedua hal tersebut memang merupakan hal yang berbeda, tetapi baik magang atau part time sendiri memiliki kesamaan dalam hal ilmu. Ketika kamu memilih untuk mengikuti program magang atau ternyata memilih part time, yang menjadi tujuan utama kamu adalah ilmu atau value yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika kamu memilih satu diantara magang ataupun part time.

Sebelum menutup acara, Mas Agrin berpesan agar kamu menggunakan kesempatan yang kamu miliki saat ini untuk magang. Mas Agrin juga berpesan agar kamu selalu menyiapkan diri sebelum magang, mencari informasi terkait perusahaan atau posisi yang kamu lamar, dan selalu berpikiran terbuka. Selamat mencoba Sahabat Werkudara!

Jika kamu ketinggalan Ceritasiksoresore hari ini, kamu bisa menonton siaran ulangnya di IGTV @werkudara.ins. Sampai jumpa di Ceritasiksoresore episode selanjutnya!