Dalam persaingan bisnis yang kian kompetitif, perusahaan selalu memerlukan karyawan yang produktif. Kebutuhan karyawan dengan tingkat kinerja yang terampil dan kompeten diperlukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk mendukung keberadaan perusahaan atau organisasi.  Mempertahankan bisnis yang ada dari suatu perusahaan adalah salah satu tujuan bisnis berorientasi masa depan. Dengan assessment center, perusahaan dapat mengetahui apakah karyawan di perusahaan sudah memiliki keterampilan tertentu atau tidak beserta cara untuk mengembangkan keterampilan karyawan jika memang diperlukan. Karyawan yang potensial dan memiliki motivasi kerja yang besar  adalah kunci sebuah perusahaan atau organisasi untuk tetap bertahan dan bersaing.

Sumber gambar: https://testonjob.ru/blog/assessment-test/

Selain untuk melihat keterampilan karyawan di suatu perusahaan, assessment center memiliki beberapa manfaat lain yang juga penting bagi sebuah perusahaan. Apa sajakah manfaat dari assessment center tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Menentukan Jenjang Karir

Metode assessment center dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menentukan jenjang karir atau promosi jabatan seorang karyawan. Perusahaan dapat menilai apakah karyawan tersebut layak atau tidak untuk menduduki posisi tertentu atau menerima promosi naik jabatan. Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan tidak lagi menerapkan sistem “masa kerja” untuk mendapatkan kenaikan jabatan atau kenaikan upah. Perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah menerapkan performance-based evaluation daripada sistem masa kerja karena hal ini berdampak pada produktivitas karyawan.

Uji Kelayakan Karyawan

Dengan adanya assessment center, perusahaan dapat melakukan penilaian untuk memilih calon karyawan yang kredibel dan siap menghadapi tantangan pekerjaan. Selain itu, assessment center mampu membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengembangan karyawan yang diperlukan untuk membuat para karyawan lebih siap untuk menjalankan tugas-tugasnya di kemudian hari. Walau karyawan ditempatkan di posisi yang sama, bukan berarti keterampilan yang dimiliki dan dibutuhkan pun akan selalu sama. Karyawan tetap perlu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang mereka miliki.

Memberi Pandangan Perkembangan Karyawan

Pandangan mengenai perkembangan kemajuan karyawan sangat penting bagi kemajuan perusahaan dan penting untuk memotivasi kerja karyawan. Hal tersebut dilakukan dengan memberikan feedback yang pantas diterima oleh karyawan. Berdasarkan feedback itulah nantinya karyawan akan dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik di masa depan. Keterampilan dan perkembangan kompetensi yang baik diawali dengan memberikan feedback positif yang membantu mengarahkan karyawan untuk meningkatkan kualitas kerja. Dengan adanya assessment center, karyawan akan memiliki kualitas kerja yang lebih baik.

Merancang Kebutuhan Pelatihan dan Pengembangan

Melalui assessment center, perusahaan dapat merancang sistem pelatihan dan perkembangan yang dibutuhkan oleh karyawan untuk peningkatan kualitas kerja. Dengan data yang akurat berdasarkan hasil assessment, program pelatihan dan pengembangan kapasitas karyawan dapat dirancang untuk mendapatkan hasil berupa kinerja karyawan yang sesuai dengan target perusahaan.

Rekrutmen

Assessment center sering digunakan oleh perusahaan pada saat tahap rekrutmen sehingga HRD tidak terlalu sulit untuk menemukan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, assessment center dapat digunakan untuk melihat dan menilai karakter calon karyawan. Perusahaan akan dengan mudah melihat dan mendapatkan calon karyawan yang memiliki keterampilan dan kompetensi yang baik saat dilakukan wawancara atau tes untuk pertama kalinya.

Demikian penjelasan singkat terkait manfaat yang akan diperoleh perusahaan apabila menggunakan assessment center untuk melihat dan menilai kinerja karyawannya. Para pimpinan perusahaan dapat menggunakan hasil dari assessment center ini sebagai salah satu sarana atau alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan sumber daya manusia seperti rekrutmen, promosi, mutasi dan pengembangan. Selain manfaat, assessment center ini juga pasti memiliki beberapa kekurangan, tetapi tentu saja kekurangan tersebut dapat ditutupi atau diperbaiki dengan mengkombinasikannya bersama dengan pelatihan-pelatihan lainnya.

Werkudara Institute sendiri memiliki program asesmen yang bertujuan untuk membantu klien dalam melakukan penilaian terhadap calon karyawan atau karyawan dari perusahaan klien itu sendiri sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Assessment center milik Werkudara Institute sendiri menggunakan alat ukur yang reliabel, valid, dan praktis sehingga hasil yang akan didapatkan pun merupakan hasil yang terbaik dan mampu membantu organisasi atau perusahaan yang menjadi klien Werkudara untuk semakin maju. Anda dapat membaca lebih lengkap terkait produk Werkudara disini: Werkudara Assessment & Training Center

 

Sumber:

1.   Adiawaty, S. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul Melalui Assessment Center. Unisbank Semarang.

2.   Astuti, D. A. L. W. (2006). Penciptaan sistem penilaian kinerja yang efektif dengan assessment centre. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), 23-34.

3.   LinovHR. 4 Oktober 2018.Manfaat Assessment Kompetensi Bagi HRD. Diakses pada 24 Oktober 2020, dari https://www.linovhr.com/manfaat-assesment-kompetensi/