Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Bekerja di suatu perusahaan pada dasarnya bukan hanya mengerjakan tugas yang diberikan saja. Kamu juga akan bersinergi dengan rekan kerja lain yang memiliki karakter berbeda-beda. Sebagai pekerja yang profesional, kamu harus menunjukkan dapat berkolaborasi dengan segala tipe rekan kerja tersebut. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak semua rekan kerja menyenangkan.

Nah, ini dia 8 tipe teman kantor yang pasti kamu temui di tempat kerja!

1.    Si Pendiam, Penyendiri, dan Tertutup

(Sumber: idntimes.com)

Tipe rekan kerja yang pertama adalah orang yang tertutup, pendiam, dan penyendiri. Namun, biasanya rekan kerja dengan tipe seperti ini diam-diam cabe rawit. Tipe ini memiliki berbagai macam ide, gagasan, usulan, atau argumen, tapi tidak berani mengutarakannya. Tipe satu ini akan lebih banyak bicara ketika ditanya atau saat dipersilakan saja.

Si pendiam ini jarang memiliki teman di kantor. Baginya, teman di kantor hanya sebatas rekan kerja. Ia akan sulit untuk ikut bersosialisasi misalnya membuka obrolan atau ikut berkumpul sepulang kerja. Biasanya ia takut menjadi pusat perhatian orang lain, sehingga lebih memilih untuk diam.

Kalau kamu memiliki rekan kerja tipe pendiam, mulailah pembicaraan terlebih dahulu. Sesekali tanyakan pula kesulitan yang dialami dan tawarkan bantuan terlebih dahulu. Karena ketertutupannya ini, tipe pendiam sering kali memendam beban yang dimilikinya karena tidak mau meminta bantuan orang lain.

 

2.    Si Ramah dan Suka Menolong

(Sumber: idntimes.com)

Tipe rekan kerja selanjutnya adalah si ramah pada semua orang yang senang menolong, atau disebut dengan social butterfly. Handak ke kantin menyapa A, mau ke toilet berbincang dulu dengan B, akan ke tempat meeting ngobrol dulu dengan C, pulang kantor kumpul dulu dengan D, dan seterusnya.

Tipe rekan kerja seperti ini biasanya dekat dan ramah pada semua orang, serta semua orang juga menyukai sifat orang tersebut. Karakternya karismatik, dinamis, dan fleksibel. Bisa dibilang sebagai orang yang populer di kantor dan tidak ada yg tidak mengenalnya.

3.    Si Pekerja Keras

(Sumber: liputan6.com)

Tipe rekan si pekerja keras ini biasanya membuat banyak orang kagum dengan etos kerjanya yang tinggi. Semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan tepat waktu, dan hasilnya pun maksimal. Biasanya tipe pekerja keras ini punya sifat yang ambisius, idealis, dan perfeksionis, sehingga ingin semua yang menjadi tanggung jawabnya selesai dengan sempurna. Jika kamu memiliki dekat dengan tipe seperti ini, kamu dapat “tertular” sifat rajinnya dan termotivasi untuk kerja lebih efektif.

 

4.    Si Tukang Gosip

(Sumber: futuready.com)

Siapa yang setuju kalau gosip itu tidak baik namun buat ketagihan? Meski begitu, tetap saja di setiap kantor ada tipe rekan kerja seperti ini. Biasanya sesi bergosip dibuka dengan “Eh, tau gak sih si A…” atau “Masa ya si B…”. Tipe tukang gosip ini biasanya memiliki telinga yang tajam, semua informasi diketahuinya, mulai dari divisi sendiri, divisi lain, atau bahkan rekan kerja lain yang bahkan tidak kamu kenal.

Kamu harus memilah informasi dari si tipe bergosip ini karena kebenarannya masih simpang siur. Kamu juga perlu berhati-hati  dan jaga jarak dengan tipe ini. Bisa jadi, kamu yang kemudian menjadi bahan gosipnya.

5.    Si Sok Tahu Segalanya

(Sumber: lifestyle.kompas.com)

Kamu pasti juga menemui tipe rekan kerja satu ini, si sok tahu segalanya. Biasanya orang tipe ini senang menjadi pusat perhatian. Ia akan memberikan jawaban atau pandangannya meskipun tidak ditanya. Mungkin awalnya banyak orang akan kagum karena tipe ini terkesan memiliki wawasan luas. Namun, lama kelamaan akan membuat orang risih karena seakan banyak ikut campur yang bukan urusannya. Sering kali juga tipe sok tahu ini juga “ikut nimbrung” persoalan yang bahkan tidak dikuasainya.

 

6.    Si Pemalas Tapi Beruntung

(Sumber: qerja.com)

Kamu pasti kesal jika bertemu rekan kerja yang bermalas ria hingga menghambat pekerjaan orang lain. Pekerjaan diselesaikan lewat dari deadline, atau mungkin saat ikut meeting terlihat banyak berpendapat, namun ketika mendapat suatu tugas langsung menghindar dengan seribu satu alasan atau menyuruh orang lain untuk mengerjakan.

Si pemalas ini biasanya datang paling telat dan pulang paling cepat, begitu pula dengan online meeting saat masa work from home (wfh). Meski begitu, tipe pemalas ini kerap kali beruntung. Ia jarang tertangkap basah sedang bermalasan dan memiliki banyak cara untuk menghindar ketika ditanya. Belum lagi

7.    Si Humoris

(Sumber: futuready.com)

Apa kamu pernah merasakan kalau tidak ada rekan kerja satu ini kantor jadi terasa sepi? Berarti rekan kerja adalah tipe si humoris yang selalu menghibur teman sekantor dengan jokes atau kelucuannya. Biasanya orang ini yang menjadi penghubung antara karyawan baru dan lama, membuka pembicaraan dengan cara bercanda. Karena temanmu satu ini suka bercanda, jangan terlalu dibawa perasaan bila yang diucapkan terasa menyinggung.

 

8.    Si Tukang Mengeluh

(Sumber: lifestyle.okezone.com)

Manusia memang sering mengeluh. Namun, tipe yang satu ini terus menerus mengeluh hingga mendramatisir keadaan. Kerjaan sedikit lebih banyak, mengeluh. Kerjaan butuh waktu lama selesai, mengeluh. Deadline mepet, mengeluh. Semuanya dikeluhkan hingga kadang menganggap dirinya orang dengan beban berat sedunia.

Tipe sering mengeluh ini juga kerap berkata ingin resign karena pekerjaannya yang terlalu berat atau lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan dirinya. Namun hingga saat ini juga perkataannya hanya gertakan belaka. Tipe seperti ini sebaiknya kamu hindari karena membawa energi negatif di lingkungan kerja.

Itu tadi beberapa tipe rekan kerja yang akan atau pasti kamu temui. Bagaimanapun rekan kerja yang akan kamu temui, mari kita syukuri dan jalani dengan enjoy karena masing-masing individu memiliki keunikan. Sebagai pekerja yang profesional, kamu harus bisa memilah dan berkerja sama dengan segala tipe rekan kerja.

 

                                               

Sumber:

Mbienamulia. 6 Februari 2019. Ini 5 Tipe Rekan Kerja di Kantor. Kamu yang Mana? https://www.hipwee.com/list/tipe-rekan-kerja-di-kantor-kamu-yang-mana/ (Diakses pada 28 Oktober 2020 pukul 16.24)

Rizka. 26 Desember 2019. Tipe Teman Kerja, dari Si Cerdas sampai Bermuka Dua. https://www.indozone.id/life/3esy4p/tipe-teman-kerja/read-all (Diakses pada 28 Oktober 2020 pukul 15.51)

Wima, Pinka. 30 April 2016. 19 Tipe Teman Kerja yang Pasti Kamu Temui di Kantor Tiap Hari. https://www.idntimes.com/hype/humor/pinka-wima/jenis-jenis-teman-kerja-yang-pasti-kamu-temui-di-kantormu-sendiri/19 (Diakses pada 28 Oktober 2020 pukul 16.25)