Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

 

Seperti yang kita ketahui bahwa drama Korea seringkali hadir untuk memberikan hiburan di sela-sela aktivitas. Walau begitu, ternyata ada banyak nilai-nilai kehidupan yang sebenarnya bisa kita ambil dari jalan cerita drama Korea. Mungkin kamu berpikir bahwa drama Korea hanya bercerita tentang kisah romansa antara tokoh utama pria dan wanita, tetapi beberapa drama Korea juga hadir dengan pelajaran hidup tentang usaha dan kerja keras yang tentunya dapat menginspirasi penonton.

Salah satu topik yang sering diangkat dalam drama Korea adalah kerja keras untuk merintis usaha dari nol. Meski temanya terkesan berat, namun sebagian besar jalan ceritanya tetap dibuat ringan dengan bumbu-bumbu romance dan komedi. Dari drama-drama tersebut, kamu yang memiliki niat untuk menjadi seorang pengusaha juga dapat menyerap ilmunya dari sana. Apa saja sih drama Korea yang menceritakan tentang usaha dan kerja keras sang tokoh utama dalam merintis suatu bisnis? Yuk simak artikel berikut ini!

Itaewon Class (2020)

Sumber gambar: asianwiki.com

Drama Korea yang satu ini sempat diperbincangkan oleh banyak orang di awal tahun 2020 dan banyak direkomendasikan untuk para pecinta K-Drama. Diadaptasi dari Webtoon dengan judul sama, Itaewon Class bercerita tentang perjuangan Park Sae Roy dalam merintis usaha restorannya dari nol. Mimpi Park Sae Roy membuka usaha karena ia ingin melanjutkan mimpi sang ayah. Meski harus dikeluarkan dari sekolah dan menjadi mantan narapidana, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang.

Berbagai lika-liku yang Park Sae Roy hadapi selama membangun restoran bernama Danbam akhirnya berhasil. Drama yang dimainkan oleh Park Seo Joon dan Kim Da Mi ini tidak hanya memperlihatkan perjuangan Park Sae Roy, tetapi juga banyak mengajarkan tentang strategi pemasaran produk, trik bertahan di tengah persaingan bisnis, dan bagaimana mengelola keuangan.

 

Pegasus Market (2019)

Sumber gambar: asianwiki.com

Pegasus Market adalah drama yang dimainkan oleh Kim Byung Chul dan Lee Dong Hwi. Drama yang tayang pada September 2019 ini bercerita tentang Jung Bok Dong yang ingin balas dendam pada perusahaan lantaran diturunkan dari posisi direktur. Ia kemudian dipindahkan ke cabang paling buruk, yaitu Cheonlima Market. Niat Jung Bok Dong yang ingin membuat Cheonlima Market bangkrut justru berbalik.

Strategi Jung Bok Dong dan tingkah laku karyawannya yang unik justru membuat supermarket tersebut menjadi semakin terkenal dan punya banyak pelanggan. Secara tidak sadar, ia justru memperbaiki manajemen supermarket tersebut. Tayang sebanyak 12 episode, kamu pasti tidak akan bosan menonton aksi Jung Bok Dong membawa Cheonlima Market bangkit dari keterpurukan.

Search: WWW (2019)

Sumber gambar: asianwiki.com

Drama Korea WWW ini juga menjadi salah satu drama Korea yang patut kamu nonton. Drama Korea WWW bercerita tentang kehidupan Bae Ta Mi, seorang direktur Unicon, sebuah perusahaan web besar yang sangat kompetitif dalam urusan pekerjaan. Walau memiliki daya saing yang tinggi, ia selalu dapat menikmati kesuksesan. Namun dibalik kesuksesannya, Bae Ta Mi seringkali bertanya-tanya pada dirinya sendiri, “Apakah ia telah mengorbankan kehidupan pribadinya untuk menjadi orang yang sukses?”.

Melalui drama ini, kamu tidak hanya akan belajar bagaimana membangun sebuah bisnis, tetapi juga mengetahui bagaimana sistem kerja sebuah portal website agar selalu dapat mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan netizen terhadap berita dan tren-tren terbaru.

Strongest Deliveryman (2017)

Sumber gambar: asianwiki.com

Strongest Deliveryman yang tayang pada 2017 di KBS2 dibintangi oleh Go Kyung Pyo dan Chae Soo Bin. Drama ini bercerita tentang kerja keras para pegawai paruh waktu di sebuah restoran jajangmyeon yang memiliki niat untuk mendirikan sebuah perusahaan jasa kurir. Tidak hanya sekedar niat, mereka pun berusaha untuk mewujudkan mimpi tersebut dengan berbagai hambatan yang datang.

Dalam drama Strongest Deliveryman akan ada banyak sekali pelajaran untuk kamu tentang bagaimana membangun sebuah bisnis kecil. Selain itu, kamu juga akan menyadari bahwa aka nada rintangan dan jalan yang dilalui pun tidaklah mulus ketika ingin memulai suatu bisnis. Tentu saja kamu perlu memiliki tekad yang keras dan tidak menyerah meski sering menghadapi hambatan.

Start-Up (2020)

Sumber gambar: asianwiki.com

Drama Korea yang tayang di TvN setiap Sabtu dan Minggu ini dibintangi oleh Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk. Drama ini bercerita tentang Seo Dal Mi, seorang mahasiswa yang drop out dari kampus dan ingin membangun perusahaannya sendiri dan membutuhkan biaya 90 ribu dolar AS sebagai modal usaha. Selain itu, drama ini juga bercerita tentang Nam Do San, seorang pria pendiri startup bernama Samsan Tech. Sayangnya, perusahaannya tak pernah menguntungkan sehingga berdampak buruk pada reputasinya sebagai pengusaha.

Drama yang saat ini masih tayang di TvN dan Netflix memiliki rating yang cukup tinggi dan menjadi perbincangan di kalangan pecinta K-Drama. Selain karena jalan ceritanya yang menarik, kamu juga dapat belajar bagaimana membuat strategi bisnis, bagaimana menarik calon investor, dan tentunya belajar untuk pantang menyerah.

Nah, itu dia beberapa judul drama Korea yang bercerita seputar perjuangan sang tokoh utama untuk menggapai mimpinya membangun sebuah bisnis. Jika diperhatikan baik-baik, terdapat beberapa persamaan dari permasalahan yang dialami para tokoh utama dalam kelima drama tersebut, yaitu kurangnya perencanaan strategi bisnis. Hal tersebut yang kemudian menyebabkan para tokoh utama merasa kesulitan untuk mengembangkan bisnis yang sudah mereka mulai. Maka dari itu, penting bagi para pengusaha untuk melakukan konsultasi manajemen sehingga para pengusaha memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengelola dan mengoperasikan bisnis yang mereka miliki.

Baca juga: Ingin Berbisnis, Tapi Tidak Tahu Mulai dari Mana? – Ini Tips Rencana Bisnis untuk Pemula

Werkudara Institute sendiri menyediakan jasa konsultasi bisnis dan manajemen bagi perusahaan-perusahaan dan organisasi-organisasi yang ada di Indonesia, baik perusahaan kecil, menengah, dan besar sekalipun. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Werkudara adalah konsultasi perencanaan bisnis dan strategi. Solusi ini tentu saja sesuai untuk pengusaha yang baru saja mulai membangun bisnisnya, seperti tokoh-tokoh dalam drama Korea tersebut. Kegiatan konsultasi yang diberikan oleh Werkudara berfokus pada pelaksanaan prosesnya. Maka dari itu, konsultasi dilakukan secara mendetail dari riset awal hingga pendampingan pelaksanaan sehingga terjadi perkembangan perusahaan yang lebih baik. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang konsultasi yang ditawarkan oleh Werkudara, kamu dapat membacanya di Konsultasi Bisnis dan Manajemen. Selamat berbisnis!

 

 

Sumber:

1.   Belinda. 10 Juli 2020. 8 Rekomendasi Drama Korea tentang Keuangan, Wajib Nonton!. Diakses pada 6 November 2020, dari https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/drama-korea-tentang-keuangan/35663

2.   Elview. 29 April 2020. 5 Drama Korea tentang Bisnis yang Menyuruh Kamu untuk Bekerja Keras. Diakses pada 6 November 2020, dari https://www.kompasiana.com/elvief/5ea71f7ed541df71eb2cfa74/drama-korea-tentang-bisnis

3.   Smart Money. 13 Agustus 2020. 3 Drakor yang Bikin Kamu Ingin Jadi Entrepreneur. Diakses pada 6 November 2020, dari https://smart-money.co/lifestyle/3-drakor-yang-bikin-kamu-ingin-jadi-entrepreneur

 

4.   Ova Forlendy. 28 Oktober 2020. Jangan Sekedar Nonton! Ini yang Bisa Kamu Petik dari Drama Korea Start-Up!. Diakses pada 6 November 2020, dari https://takaitu.id/jangan-sekedar-nonton-ini-yang-bisa-kamu-petik-drama-korea-start-up/