Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Menjadi seorang yang sukses dibutuhkan keterampilan memimpin yang baik. Menjadi seorang pemimpin bukan hanya jabatan semata atau kedudukan di posisi tinggi, namun mampu mengayomi orang-orang yang berada di bawahnya. Bagaimanakah cara menjadi pemimpin yang baik? Berikut ini adalah tokoh yang gaya kepemimpinannya menginspirasi dunia. Gayanya kepemimpinan yang berbeda menjadi ciri khas masing-masing dari tokoh berikut. Meski begitu, selalu ada nilai yang bisa dipelajari untuk menjadi pemimpin yang hebat.

Bill Gates

(Sumber: inet.detik.com)

Bill Gates yang adalah tokoh pendiri Microsoft telah banyak menjadi panutan dalam dunia bisnis sebagai pemimpin yang hebat dan sukses. Dalam kepemimpinannya, Bill Gates disebut sering mendengarkan usulan dari para karyawan untuk mengembangkan perusahaannya. Ia memaksimalkan kemampuan para karyawan sehingga tujuan yang ingin dicapai perusahaan juga maksimal.

Tidak hanya sukses dengan perusahaan Microsoft yang mendunia, Bill Gates juga memiliki rasa sosial yang tinggi. Dirinya bersama sang istri mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation yang banyak membantu permasalahan sosial, seperti kemiskinan, kesehatan, dan lainnya. Dari Januari 1995 hingga akhir 2017, yayasan ini telah mengerahkan dana hampir US$45,5 miliar.

 

Margaret Thatcher

(Sumber: bbc.com)

Margaret Thatcher adalah perdana menteri wanita pertama di Britania Raya. Margaret Thatcher mampu membuktikan bahwa wanita juga bisa menjadi seorang tokoh pemimpin meski bidang yang ditekuninya didominasi oleh pria. Menjajaki karir sebagai politisi, ia sempat menjadi pemimpin partai konservatif selama 15 tahun.

Margaret Thatcher dijuluki “The Iron Lady” karena sikapnya yang tegas dan pantang mundur. Bahkan gaya kepemimpinannya yang mencakup kebijakan politik, ekonomi, dan sosial disebut dengan “Thatcherism”. Meski kebijakannya banyak yang dianggap kontroversial, Margaret Thatcher membuktikan bahwa dirinya adalah sosok pemimpin yang hebat dengan kemampuan mengontrol banyak bidang dalam skala besar.

 

Dr. Martin Luther King Jr.

(Sumber: britannica.com)

Martin Luther adalah seorang tokoh aktivis Amerika Serikat yang memperjuangkan hak orang kulit hitam. Ia menjadi tokoh utama dalam gerakan hak-hak sipil di Amerika pada 1955-1968. Usahanya untuk menghapus segregasi menggunakan cara protes tanpa kekerasan yang terinspirasi dari tokoh Mahatma Gandhi. Usaha ini pub berhasil, karena setahun kemudian kebijakan segregasi ras di Amerika dihapuskan.

Pidatonya yang berjudul “I Have a Dream” menginspirasi banyak orang dan menjadi pidato terbaik sepanjang masa. Kegigihannya dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, membuat Martin Luther menjadi tokoh pemimpin inspiratif di dunia. Martin Luther memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 1964. Namun ia dibunuh dan meninggal pada 4 April 1968.

 

Jacinda Ardern

(Sumber: time.com)

Wanita hebat ini bernama lengkap Jacinda Kate Laurell Ardern yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Selandia Baru. Sebelumnya, ia berada di bawah naungan Partai Buruh Selandia Baru. Jacinda Adern dinobatkan sebagai perdana menteri termuda dalam 150 tahun terbentuknya Selandia Baru, dan tokoh pemimpin wanita termuda di dunia.

Jacinda Ardern menunjukkan pada dunia bahwa ia adalah pemimpin yang cekatan, rendah hati, dan berempati. Ia mampu memimpin Selandia Baru dalam serangan teror terburuk, yang mengakibatkan tewasnya 50 orang pada dua masjid di Christchurch lalu.

Jacinda Ardern berhasil menyatukan orang-orang dengan propagandanya “Kami adalah Satu” dan menyalurkan rasa belasungkawa kepada komunitas Muslim melalui pidatonya yang dibuka dengan salam bahasa Arab. Melalui pidatonya, ia dengan tetap rendah hati tidak menyebut nama teroris, tidak menyerukan kebencian pada pihak tertentu, dan tetap menolak segala kekerasan.

 

Ir. Soekarno

(Sumber: liputan6.com)

Bagi seluruh masyarakat Indonesia, siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno. Bapak Presiden 1 Indonesia, yang akrab dipanggil Bung Karno, ini termasuk ke dalam jajaran tokoh pemimpin dunia yang dikagumi. Saat masa jabatannya, Indonesia disegani dunia karena berada di bawah kepemimpinan Bung Karno. Bung Karno adalah tokoh besar Indonesia dan berperan besar dalam pembentukan negara Indonesia yang merdeka.

Bung Karno adalah pemimpin yang karismatik, dikenal sebagai orator yang hebat dan kata-katanya mampu membakar semangat semua orang yang mendengarnya. Di bawah kepemimpinannya, rakyat Indonesia mampu bersatu dan memiliki fondasi negara yang kuat. Bung Karno piawai menggerakkan, mempengaruhi, dan berdiplomasi sehingga berhasil menyatukan rakyat Indonesia yang beragam dalam hal ras, suku, dan golongan.

Tokoh-tokoh tersebut mengajarkan bahwa meski memiliki sifat yang berbeda, semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin. Meski memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda, masing-masing tokoh menunjukkan bahwa mereka adalah pemimpin yang hebat. Satu hal yang menjadi persamaan adalah kemampuan untuk mengayomi pihak yang beragam menjadi satu suara dan dedikasi diri untuk kepentingan banyak orang.

Peran seorang pemimpin dengan jiwa kepemimpinan yang baik sangat dibutuhkan di setiap perusahaan/organisasi. Pemimpin yang baik adalah individu yang mampu memandu dan menyesuaikan diri dengan karakter karyawan yang berbeda untuk mencapai tujuan organisasi. Merasa butuh meningkatkan keterampilan kepemimpinan? Werkudara Institute dapat memfasilitasinya. Jika kamu tertarik untuk melatih gaya kepemimpinan diri, kamu bisa mengikuti pelatihan Effective Leadership dari Werkudara Institute. Informasi selanjutnya dapat ditemukan di sini.

 

 

Sumber:

Bibit. 16 April 2020. Belajar Kepemimpinan Lewat 5 Tokoh Hebat Ini. https://artikel.bibit.id/lifestyle1/belajar-kepemimpinan-lewat-5-tokoh-hebat-ini (Diakses pada 7 November 2020 pukul 13.16)

CekAja. 5 Desember 2017. 4 Tipe Kepemimpinan Para Bos Teknologi yang Sukses. https://www.cekaja.com/info/tipe-kepemimpianan-teknologi-sukses (Diakses pada 7 November 2020 pukul 15.44)

Finansialku.com. Daftar 10 Pemimpin Hebat yang Menginspirasi dan Mengubah Dunia. https://www.finansialku.com/pemimpin-hebat-yang-menginspirasi/ (Diakses pada 7 November 2020 pukul 15.32)