Penulis: Sesilia Sophia Kadita

Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) 2020 akan menjadi perayaan yang berbeda dan spesial tahun ini. Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 ini tidak bisa kita rayakan secara meriah bersama tetangga atau warga kompleks sekitar karena pandemi COVID-19. Namun jangan bersedih! Masih banyak loh kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah untuk memeriahkan 17 Agustus tahun ini.

Sahabat Werkudara, kali ini kami akan bagikan tips kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di rumah. Meski tidak semeriah biasanya, 17-an kali ini akan menjadi spesial karena menjadi momen intim kamu dengan orang tersayang. Yuk, simak di bawah ini!

Dekorasi Rumah

 Perayaan HUT RI selalu identik dengan memasang bendera merah putih. Biasanya daerah perumahaan akan penuh dengan ornamen bendera sepanjang jalan, tetapi kali ini akan menjadi lebih sepi. Bagaimana kalau kita menghias rumah masing-masing? Jika kamu punya bendera merah putih, bisa di pasang di depan rumah. Interior rumah juga bisa dihias menggunakan bendera plastik yang biasa dijual menjelang 17 Agustus.

Masak Nasi Tumpeng

 Memasak bersama keluarga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk merayakan HUT RI. Bagaimana kalau coba memasak nasi tumpeng sendiri? Nasi tumpeng yang identik dengan ucapan rasa syukur akan cocok untuk merayakan hari jadi negara. Kalau nasi tumpeng biasa berupa nasi kuning atau nasi uduk, mungkin kamu bisa membuat nasi tumpeng dengan warna merah dan putih. Yuk, buat makanan spesial untuk hari spesial!

Video TikTok Kemerdekaan

 Saat ini siapa yang tidak main TikTok? Kamu bisa meningkatkan mood di rumah dengan mengajak anggota keluarga bersama-sama membuat video TikTok. Untuk meningkatkan suasana 17-an, kamu bisa menggunakan lagu-lagu kemerdekaan atau atribut bernuansa merah-putih.

Whisper challenge

Rumah sudah dihias, makanan sudah siap, mood keluarga juga sudah menyenangkan. Now, it’s time to play the game! Salah satu permainan yang bisa kamu coba adalah whisper challenge atau permainan menebak kata yang saat ini sangat terkenal. Permainan ini biasa dimainkan dengan minimal dua orang. Kamu bisa bermain dengan lebih orang melalui pesan berantai.

Cara bermainnya adalah satu orang mengucapkan kata atau frasa tertentu, satu lagi mendengarkan musik dengan headset bertugas menebak kata apa yang diucapkan. Permainan akan semakin seru saat kata yang diucapkan dan dijawab tidak sama. Kamu juga bisa menggunakan kata- kata yang berkaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia, seperti peristiwa proklamasi atau tokoh kemerdekaan. Jika kesulitan memilih kata apa yang ingin digunakan, kamu bisa mengunduh aplikasi whisper challenge yang sudah banyak tersedia.

Permainan Tebak Kata

 Whisper challenge adalah permainan menebak kata dengan gerak bibir, sedangkan permainan ini adalah menebak kata dari gerakan. Satu orang memperagakan kata yang disiapkan dan yang lainnya menebak kata apa yang dimaksud. Permainan ini bisa dimainkan dengan banyak orang sekaligus sehingga memungkinkan setiap anggota keluarga untuk terlibat.

Kamu ingin bermain ini bersama teman tapi terhindar jarak? Kamu juga bisa kok bermain tebak kata secara online melalui aplikasi seperti Zoom dan Google Meet. Permainan tebak kata secara online bisa menjadi solusi merayakan 17 Agustus bersama teman atau rekan kantor.

Permainan Tebak Gambar

Pada dua game sebelumnya kita sudah bermain tebak kata, sekarang saatnya tebak gambar. Permainan bernama Gartic.io ini merupakan online game yang bisa kamu mainkan langsung di website atau mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Caranya mudah, kamu hanya perlu adu cepat menebak apa yang digambar oleh player lain. Setiap player akan mendapatkan giliran untuk menggambar. Permainan ini bisa menjadi solusi online game baru yang bisa kamu coba.

Werewolf Game

Sudah seru-seruan seharian, kamu bisa menutup hari dengan Werewolf game. Permainan ini biasa dimainkan minimal lima orang, lebih banyak akan lebih seru. Masing-masing orang akan memiliki peran sebagai moderator, werewolf, dokter/dukun, dan sisanya sebagai penduduk. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menemukan siapa werewolf-nya supaya pendudukan akan menang. Kalau tidak berhasil, werewolf yang akan menang.

Hal yang membuat seru adalah ketika orang-orang yang dicurigai sebagai werewolf memberikan pembelaannya. Werewolf asli juga bisa menyamar menjadi peran lain dah ikut dalam voting. Kamu harus coba sendiri untuk merasakan seberapa serunya permainan ini! Ingin bermain secara online juga? Tenang saja, kamu bisa bermain menggunakan aplikasi chat Telegram. Kamu tinggal membuat groupchat kemudian menambahkan @werewolfbot ke dalam grup. Bot ini akan berperan sebagai moderator.

Banyak juga, kan kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk 17 Agustus new normal ini? Kita memang tidak bisa merayakan Hari Kemerdekaan semeriah biasanya. Meski begitu, ini adalah kesempatan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu coba. Ayo ajak orang-orang tersayang kamu untuk merayakan HUT RI dengan tips kegiatan di atas! Selamat mencoba.