Penulis: Diavena Alusia Tamba

Hari ini atau lebih tepatnya Sabtu, 22 Agustus 2020, Werkudara Insititute kembali membawa program baru bernama Ceritasiksoresore. Apakah Sahabat Werkudara sudah tahu apa itu Ceritasiksoresore? Bagi Sahabat Werkudara yang belum tahu, Ceritasiksoresore merupakan mini session dari Webinar Ceritasik yang biasa diadakan oleh Werkudara. Seperti namanya, Ceritasiksoresore diadakan pada sore hari pukul 15.30 WIB di Live Instagram dengan durasi live selama 30 menit. Tujuannya untuk mengedukasi Sahabat Werkudara tentang tips dan trik terkait tema dengan melakukan sharing pengalaman dan berdiskusi.

Tema hari ini sendiri cukup menarik yaitu Tips dan Trik “Pekerjaan Beda dengan Jurusan Kuliah”. Pembicara yang diundang pun tidak kalah menarik yaitu Reyhan Ghazi Wijaya yang merupakan salah satu Co-Founder Werkudara Institute. Mas Reyhan sendiri saat ini sedang menggeluti dunia marketing di sebuah bank. Selain itu, host yang memimpin acara ini ada Putri Ismadiyani yang merupakan fasilitator Werkudara Institute dan seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan di Jakarta.

Dalam Ceritasiksoresore hari ini, Mas Reyhan bercerita bagaimana beliau sebelumnya kuliah di jurusan Psikologi dan kemudian memutuskan bekerja di bidang marketing di sebuah bank sejak 2017. Pada awalnya, Mas Reyhan memang berharap untuk dapat bekerja sesuai dengan jurusan semasa kuliahnya dulu sampai pada akhirnya beliau menyadari bahwa pekerjaan tidak melulu harus sesuai dengan jurusan. Jadi ketika saat itu ada sebuah peluang di bidang marketing, beliau pun memutuskan untuk mengambilnya.

Mas Reyhan berpendapat bahwa pekerjaan merupakan suatu sarana untuk kita mencapai tujuan hidup kita (life goals). Maka dari itu, daripada bersikeras mengambil dream job, ada baiknya apabila kita menentukan life goals sehingga kita lebih banyak melihat peluang kerja saat ini. Walaupun begitu, tidak dipungkiri bahwa ada ketakutan yang dirasakan ketika mengambil suatu pekerjaan yang berbeda dari jurusan kita, tetapi kita harus tetap menghadapi ketakutan tersebut dengan melatih skill kita.

Kita juga tidak perlu mendengarkan apa yang orang lain katakan terhadap pekerjaan yang kita ambil karena bagaimanapun omongan orang lain tidak dapat menghidupi kita. Kita bisa menuai ilmu yang bermanfaat atau mencari hal-hal menarik dari tantangan yang ada di pekerjaan kita sehingga kita dapat merasa lebih nyaman selama bekerja.

Sebagai penutup, Mas Reyhan meminta kita untuk tekun menjalani apa yang ada di hadapan kita karena bisa jadi suatu saat nanti kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan kedepannya. Mba Putri juga mengajak kita untuk mencoba peluang yang ada karena ada banyak sekali pekerjaan yang tidak membutuhkan jurusan tertentu sehingga bisa jadi pekerjaan yang kita lakukan saat ini membantu kita untuk mencapai mimpi kita yang lain. Semoga berhasil Sahabat Werkudara!