Penulis: Diavena Alusia Tamba

Selama pandemi berlangsung, kita dibatasi untuk melakukan kegiatan di luar rumah. Selain itu, kita juga khawatir penyebaran virus corona akan semakin meluas jika kita beraktivitas di luar rumah. Alhasil, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah hingga tidak jarang kita merasa bosan ketika berdiam diri di rumah walaupun beberapa dari kita ada yang melakukan work from home.

Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika sedang bosan di rumah. Kegiatan ini dapat dilakukan sendirian atau bareng keluarga agar lebih seru, loh. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Memasak dan Membuat Kue

Sumber: femina.co.id

Memasak memang salah satu kegiatan yang paling umum, tetapi gimana kalau memasak dengan resep baru atau makanan yang sedang populer saat ini? Kamu bisa mencoba resep makanan khas negara lain, misalnya rabokki yang merupakan kombinasi mie (ramyeon) dan kue beras (teokbokki) khas Korea Selatan jika kamu pecinta mie. Kamu juga bisa mengkreasikan masakan khas Indonesia dari resep yang sebelumnya sudah ada menjadi suatu masakan baru.

Selain masak, kamu juga bisa membuat kue atau roti yang sedang populer saat ini, misalnya korean garlic cheese bread atau japanese cheesecake. Setelah masak atau membuat kue, jangan lupa minta orang rumah untuk mencicipi ya!

Menonton Film atau Drama

Sumber: asianwiki.com

Apakah kamu pecinta film? Atau apakah kamu pecinta drama? Kamu yang suka banget nonton, bisa banget untuk menghabiskan waktu dengan menonton film atau drama. Jika kamu pecinta film dengan genre science fiction dan aksi superhero, kamu bisa menonton seri film Marvel Cinematic Universe (MCU) yang penuh aksi keren dan menegangkan.

Jika kamu lebih suka menonton film yang memiliki cerita bersambung, kamu bisa menonton drama dari Korea. Kamu bisa menonton Itaewon Class yang bercerita tentang kehidupan seseorang dalam meraih mimpinya. Kamu juga bisa menonton Crash Landing On You yang bercerita tentang kisah romantis antara seorang pria yang merupakan tentara Korea Utara dengan seorang wanita konglomerat. Selain itu, kamu juga bisa minta teman kamu untuk merekomendasikan film atau drama populer lainnya dan jangan lupa ajak keluargamu ya!

Mendekorasi Ulang Kamar

Sumber: hipwee.com

Apakah kamu bosan dengan suasana kamar atau kamu merasa tidurmu tidak nyenyak? Kamu bisa mendekor ulang kamar kamu agar tidur kamu lebih banyak. Kamu bisa mulai dengan mengubah posisi barang-barang di kamar atau kamu juga bisa mengganti barang kamu dengan warna yang lebih soft, seperti krim, coklat, putih atau warna pastel lainnya. Kalau misal kamu suka yang aesthetic, kamu bisa menambahkan lampu tumbler, tanaman hias kecil, lukisan kecil, atau menambahkan quotesquotes di dinding kamar kamu. Dengan begitu, kamar kamu bisa menjadi lebih cantik dan kamu dapat tidur dengan nyenyak.

Merawat Tubuh

Sumber: hasna.id

Merawat diri tentu saja dapat dilakukan semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Merawat diri dapat dimulai dengan membersihkan tubuh dengan benar, memakai skincare atau masker, membersihkan kuku, melakukan scrub pada kaki, atau bisa juga mengecat rambut. Kamu bisa melakukannya dengan ibu, ayah dan saudaramu secara bersama-sama. Selain bersih, kamu dan keluargamu dapat terlihat lebih sehat dan juga menarik dengan warna rambut baru.

Mencoba Hobi Baru

Sumber: pustakaguru.com

Jika sebelumnya kamu memiliki kegiatan atau hobi yang belum terlaksana, inilah waktu yang tepat untuk melakukannya. Jika kamu ingin melukis, kamu dapat melakukannya dengan melukis barang-barang yang ada di rumah atau menuangkan imajinasimu sendiri. Jika kamu suka bernyanyi, kamu dapat meng-cover beberapa lagu dengan merekam suaramu. Jika kamu suka menulis, kamu bisa mencoba untuk menulis sesuatu di blog. Dengan begitu, kamu memiliki beberapa kegiatan rutin yang bisa dilakukan selama di rumah.

Sebenarnya masih banyak lagi kegiatan yang dapat kamu lakukan walau hanya di rumah saja, tetapi kamu bisa mencoba beberapa ide di atas. Selain mengurangi kebosanan dan menambah produktivitasmu, kegiatan tersebut juga dapat digunakan untuk mendekatkan hubungan dengan keluarga. Maka dari itu, ayo ajak keluargamu untuk melakukan kegiatan positif setiap harinya agar tetap produktif di masa pandemi ini!