Penulis : Diavena Alusia Tamba

Apakah Sahabat Werkudara ada yang menyukai makanan atau minuman manis? Apa saja nih makanan atau minuman manis kesukaan kalian? Beberapa tahun belakangan ini, menghabiskan waktu di suatu cafe sambil menikmati makanan atau minuman tertentu menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain untuk berkumpul dan bersenang-senang, kegiatan tersebut dilakukan sebagian orang untuk melepas penat atau stres. Ada sebagian orang yang memilih kopi dan sebagian lagi memilih minuman manis. Walau minuman manis dianggap membawa beberapa dampak buruk bagi kesehatan, tetapi minuman manis juga membawa dampak baik baik beberapa orang khususnya yang sedang mengalami stres.

Bagi kamu yang sedang mengalami stres, pasti akan merasakan peningkatan nafsu makan terutama pada makanan manis, maka dari itu orang yang sedang mengalami stres akan lebih banyak mengonsumsi gula dari biasanya. Sebenarnya apa sih manfaat gula bagi orang yang sedang mengalami stres? Dilansir dari hellosehat.com, manfaat gula bagi orang yang mengalami stres adalah sebagai berikut:

1.   Asupan gula menurunkan hormon kortisol

2.   Makan manis memberi energi untuk otak

3.   Gula merangsang perasaan bahagia

Selain bermanfaat untuk meringankan tingkat stres seseorang, makanan atau minuman manis juga dapat dijadikan sebagai ladang bisnis bagi Sahabat Werkudara yang ingin mencoba untuk mulai berwirausaha. Salah satu jenis minuman manis yang paling banyak dijadikan ladang bisnis adalah boba. Saat ini boba menjadi minuman paling populer di masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan cocok untuk dinikmati oleh semua kalangan umur.

Di artikel kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa brand boba yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat Indonesia. Beberapa brand boba ini sudah dikenal karena rasanya yang enak dan selalu ramai dikunjungi orang. Selain itu, kami juga akan membahas sedikit bagaimana strategi marketing dari brand tersebut. Mari simak artikelnya!

Brand Boba Paling Digemari Anak Muda

Bubble Tea atau lebih sering disebut Boba merupakan minuman manis dengan bahan dasar teh, susu, dan bola-bola tapioka. Namun sekarang minuman ini sudah mulai bervariasi dengan rasa dan jenis yang berbeda. Saat ini, boba menjadi salah satu minuman favorit hampir semua orang, baik anak kecil, kaum muda, bahkan orang dewasa sekalipun. Boba dapat menjadi minuman alternatif bagi orang-orang yang ingin nongkrong tapi tidak bisa mengonsumsi kopi.

Berikut ini beberapa brand boba yang paling banyak disukai oleh orang-orang dan memiliki cabang di kota-kota besar:

 

1.   OneZo

Sumber gambar: https://pergikuliner.com/restaurants/tangerang/onezo-bsd

OneZo merupakan brand boba dari Taiwan yang sudah memiliki beberapa cabang di luar negeri termasuk di Indonesia. OneZo dikenal dengan seri Dirty Brown Sugar yang memiliki 3 varian rasa, yaitu milk coffee, milk tea, dan fresh milk. Rasa brown sugar dari OneZo memiliki rasa yang manis dan aroma yang wangi. Selain itu, bola-bola tapioka atau bobanya memiliki tekstur yang chewy dan lembut ketika digigit. Karena rasa brown sugar-nya yang manis dan tekstur boba yang lembut inilah yang membuat OneZo menjadi pilihan paling favorit masyarakat.

Sama seperti bisnis lainnya, OneZo juga mengedepankan strategi digital marketing dengan menggunakan media sosial seperti Instagram untuk mempromosikan varian boba khas mereka. OneZo berusaha menunjukkan produk mereka dengan mengunggah foto varian minuman boba yang tampak “instagramable”. Selain itu, OneZo juga gencar melakukan promosi buy 1 get 1 serta beberapa kali mengadakan giveaway bagi pengikut atau followers mereka. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mendapatkan, mempertahankan, dan meningkatkan followers sehingga semakin banyak orang yang mengenal produk mereka.

 

2.   Xing Fu Tang

Sumber gambar: https://womantalk.com/lifehack/articles/boba-brown-sugar-yang-hits-sepanjang-2019-dari-xing-fu-tang-sampai-kokumi-dan-ban-ban-y3LXB

Brand ini juga merupakan minuman boba asal Taiwan yang membuka salah satu cabangnya di Indonesia. Xing Fu Tang terkenal dengan menu signature-nya, yaitu Brown Sugar Boba Milk. Boba yang terdapat pada minuman ini memiliki bentuk yang lebih kecil, tekstur yang kenyal dan lembut, serta rasa manis dari brown sugar yang tercampur dengan boba. Ketika disajikan pun bobanya terasa hangat di mulut karena bola-bola tapioka tersebut terus dihangatkan dengan api kecil.

Salah satu hal lain yang membuat brand ini begitu terkenal adalah creme brulee-nya. Sebelum disajikan, di permukaan minuman akan ditambahkan brown sugar lalu dibakar hingga menjadi karamel. Karena begitu terkenal dan rasanya yang enak, orang-orang rela mengantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan menu signature Xing Fu Tang.

Xing Fu Tang juga tentu saja melakukan kegiatan digital marketing melalui media Instagram. Tampilan Instagram Xing Fu Tang memang terlihat biasa saja dengan dominan warna hitam dan putih, tetapi Xing Fu Tang mencantumkan review dari para influencer dan selebriti terkenal, seperti Titan Tyra, Paopao, Nagita Slavina, Ananda Omesh dan yang lainnya sehingga masyarakat yang menjadi pengikut para artis jadi mengetahui dan ikut mencoba produk Xing Fu Tang. Xing Fu Tang sering mengadakan kuis kecil-kecilan di feeds Instagram mereka untuk menaikan engagement akun mereka. Selain itu, Xing Fu Tang juga membagikan merchandise berupa pin kecil di setiap grand opening cabangnya yang dapat digunakan sebagai potongan diskon.

 

3.   Tiger Sugar

Sumber gambar: https://dailyhive.com/vancouver/tiger-sugar-bubble-sugar-richmond

Selain 2 brand di atas, Tiger Sugar juga merupakan salah satu brand minuman boba asal Taiwan yang sudah membuka cabangnya di Indonesia. Boba dari Tiger Sugar juga tidak kalah lembut dengan kompetitornya. Brown sugar dari brand ini juga cukup pekat, tetapi walau begitu tingkat kemanisannya tidak berlebihan sehingga untuk yang tidak terlalu suka manis masih dapat mencoba minuman boba ini.

Sejak awal masuknya Tiger Sugar ke Indonesia, masyarakat Indonesia sudah begitu antusias untuk mencoba minuman dari Taiwan tersebut. Bahkan dapat dikatakan bahwa Tiger Sugar yang pertama kali mempopulerkan minuman boba ini di Indonesia. Maka dari itu, strategi digital marketing yang dilakukan Tiger Sugar di Instagram tidak segencar brand boba lainnya. Tampilan Instagram Tiger Sugar didominasi oleh warna kuning-hitam dan beberapa postingan pada feeds mereka terlihat beberapa artis yang sudah mencoba Tiger Sugar, seperti Seohyun yang merupakan member girlgroup Girls Generation, Glenn Alinskie, Chandra Liow, Mona Ratuliu, dan beberapa artis Indonesia lainnya. Tiger Sugar juga beberapa kali mengunggah promo mereka di Instagram. Walau begitu, minuman boba mereka tetap laris di pasaran karena nama yang mereka pegang.

 

4.   Kokumi

Sumber gambar: https://www.dbl.id/r/3432/dari-nasi-padang-sampai-boba-ini-makanan-dan-minuman-favorit-bonfil

Dibanding 3 minuman boba sebelumnya, Kokumi merupakan brand minuman asli Indonesia dengan rasa yang super unik. Menu signature dari brand ini adalah Okinawa Brown Sugar Big Boba dan cita rasa dari minuman ini mirip dengan rasa es krim kemasan Paddle Pop Rainbow. Tekstur minumannya creamy dengan rasa brown sugar yang kuat. Selain itu, tekstur bobanya sendiri juga kenyal dan lembut. Untuk kamu yang tidak begitu suka minuman yang terlalu manis, disarankan untuk memesan minuman ini dengan ukuran medium karena rasa manisnya yang kuat.

Nah seperti yang sudah dijelaskan bahwa Kokumi merupakan brand boba asli Indonesia, maka strategi digital marketing yang dilakukan oleh Kokumi pun cukup gencar. Kokumi memiliki ciri khas gambar unicorn di kemasan minumannya dan menjadikan unicorn tersebut sebagai icon di Instagram mereka. Tampilan warna pada feeds Instagram Kokumi sendiri cukup cerah dan menarik dengan warna-warna pastel yang lucu sehingga orang yang melihat Instagram Kokumi akan betah melihat postingan mereka dan tertarik untuk mengikuti akun Kokumi. Kokumi juga sering mengunggah promo terbaru mereka ke Instagram dan sesekali mengadakan kuis untuk meningkatkan engagement mereka. Lebih asyiknya lagi, Kokumi juga sempat bekerja sama dengan 88rising, sebuah agensi entertainment dan bekerja sama dengan Jarte, sebuah produk kecantikan.

Nah, itu tadi adalah beberapa brand minuman boba yang sedang digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Selain karena rasanya yang enak, strategi marketing yang baik juga diperlukan untuk mendapatkan perhatian konsumen serta meningkatkan penjualan. Di masa pandemi ini, strategi marketing yang paling banyak digunakan untuk berbisnis adalah digital marketing dimana pemasaran dilakukan secara online menggunakan perangkat elektronik dan internet sehingga lebih memudahkan pengusaha untuk meraih konsumen yang lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Maka dari itu jika Sahabat Werkudara ingin mencoba untuk mulai berbisnis, baik itu bisnis minuman boba maupun bisnis makanan atau minuman lainnya, kamu bisa mencoba untuk mulai mempromosikannya melalui media sosial sehingga kamu juga lebih hemat tenaga dan uang. Selain itu, kamu juga lebih mudah untuk meraih target pasar tertentu tanpa harus bertemu atau bertatap muka langsung di kondisi seperti saat ini. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

1.   Diah Ayu. 26 Juli 2019. Mengapa Anda Jadi Ingin Makan Makanan Manis Saat Stres. Diakses pada tanggal 7 September 2020, dari https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/makan-manis-saat-stres/

2.   Nur Amalina Putri. 14 Juli 2019. Ini Rekomendasi Boba Terenak di Jakarta. Diakses pada tanggal 7 September 2020, dari https://womantalk.com/news-update/articles/ini-4-rekomendasi-boba-terenak-di-jakarta-DEe36

3.   Kumparan. 30 Desember 2019. Makan Enak Terbaik 2019: 5 Boba Paling Sensasional dan Bikin Nagih. Diakses pada tanggal 7 September 2020, dari https://kumparan.com/kumparanfood/makan-enak-terbaik-2019-5-boba-paling-sensasional-dan-bikin-nagih-1sXqHT4rd0F/full

4.   Chikitta Carnelian. 15 September 2019. 6 Merek Bubble Tea Terbaik di Jakarta. Diakses pada tanggal 7 September 2020, dari https://www.rukita.co/stories/minuman-boba-bubble-tea-jakarta/

5.   Oppa Kuliner. 14 Mei 2019. Brown Sugar Boba Hype Di Jakarta (List & Review). Diakses pada tanggal 7 September 2020, dari http://www.oppakuliner.com/2019/05/brown-sugar-boba-hype-di-jakarta-list.html