Penulis: Sesilia Sophia Kadita

 

Pada Sabtu, 12 September 2020 Werkudara Insititute kembali menggelar Ceritasiksoresore episode #05 dengan memberikan tips dan trik mengenai “Cara Efektif Lolos Seleksi Kerja”. Narasumber kali ini adalah Mbak Sonya yang merupakan salah satu fasilitator Werkudara Institute dan saat ini bekerja sebagai Human Capital Representative. Sesi IG Live berjalan seru dengan dipandu oleh Mbak Diavena yang merupakan salah satu Content Creator Intern di Werkudara Institute.

Mbak Sonya mengatakan bahwa jika kamu ingin melakukan wawancara kerja, ibaratnya sama seperti hendak bertemu gebetan, perlu persiapan! Pertama yang perlu dipersiapkan adalah grooming, alias berpenampilan rapi dan menarik. Kemudian kamu harus datang tepat waktu, bahkan lebih cepat paling tidak lima belas menit sebelumnya. Terakhir jangan lupa bawa dokumen pendukung seperti CV dan portofolio.

Kamu mungkin bertanya-tanya, selama wawancara apa, sih yang dilihat pewawancara dari diri kita? Hal pertama adalah kesiapan CV yang kamu bawa. Jangan sampai kamu memberikan CV yang sudah terlipat. Desain CV juga penting untuk menarik perhatian sebagai bentuk first impression. Kamu harus mengkategorikan dengan jelas di dalam CV, poin-poin apa saja yang ingin disampaikan seperti skills dan pengalaman.

Pengalamanmu sekecil apa pun di dalam CV menarik loh untuk pewawancara. Kamu bisa mencantumkan pengalaman apa yang kamu punya dan apa pencapaiannya. Menurut cerita dari Mbak Sonya, ternyata yang membuat CV miliknya menarik adalah adanya pengalaman menjadi fasilitator di Werkudara Institute.

Sebelum melakukan wawancara, kamu harus paham betul dengan isi CV yang kamu buat. Tahap pertama wawancara kerja akan menanyakan seputar CV kamu. Tujuan dari wawancara adalah untuk mengetahui diri kamu sedalamnya, maka ceritakan saja dengan percaya diri dan jadi diri kamu sendiri.

Ada mitos dalam melamar kerja, bahwa orang yang dianggap good looking memiliki peluang diterima kerja lebih besar. Di antara kamu pasti ada yang pernah berpikiran seperti ini. Tapi apakah ini benar? Mbak Sonya memvalidasi bahwa mitos atau anggapan seperti ini salah. Jika penampilan seseorang baik namun hasil dari proses seleksinya tidak sesuai dengan kebutuhan, perusahaan tidak akan meng-hire orang tersebut.

Bukan hanya penampilan, yang HR lihat dari calon karyawan selama proses seleksi adalah attitude atau perilaku. Nah, perilaku ini dapat terlihat dari ketepatan waktu kehadiran dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan wawancara.

Kamu mungkin pernah mengalami yang namanya tidak lolos seleksi padahal sudah melalui beberapa tahap. Kerap kali kamu tidak tahu apa yang kurang dari dirimu dan bagian mana yang harus diperbaiki. Mbak Sonya menjawab ternyata kamu boleh saja meminta feedback HR mengenai proses seleksimu. Biasanya setelah wawancara HR akan mempersilahkan untuk bertanya. Nah, pada kesempatan ini kamu bisa pendapat HR mengenai penampilanmu, apa yang bisa diperbaiki, atau pertanyaan lain seputar perusahaan.

Kamu fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja? Jangan patah semangat! Mbak Sonya menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali perusahaan yang menyasar lulusan baru, salah satunya untuk ditempatkan dalam program Management Trainee (MT). Jika kamu bingung hendak melamar pekerjaan apa setelah lulus, kamu bisa coba untuk melamar pekerjaan MT dan sejenisnya.

Pada masa pandemi memang mencari pekerjaan susahnya berlipat ganda. Namun justru di waktu seperti ini kamu berkesempatan untuk belajar, menambah ilmu dan pengalaman sehingga isi CV semakin menarik. Jika kamu sampai saat ini masih berjuang mencari pekerjaan, jangan menyerah, tetap semangat, sabar, dan jangan lupa berdoa!

Kamu ketinggalan Ceritasiksoresore kali ini? Bisa langsung tonton siaran ulangnya di IG TV @werkudara.ins.