Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Apakah Sahabat Werkudara sudah pernah mengikuti webinar sebelumnya? Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mengetahui apa itu webinar. Webinar berasal dari dua kata, yaitu web (jaringan internet) dan seminar. Kata tersebut dapat dipermudah menjadi web based seminar atau seminar berbasis jaringan internet. Webinar menjadi salah satu media yang mulai diandalkan oleh masyarakat untuk memperoleh berbagai informasi. Webinar sendiri dapat diakses melalui web dan aplikasi dengan koneksi internet yang stabil dan lancar.

Di artikel Werkudara sebelumnya yang membahas terkait tips mencari kerja di masa pandemi, disebutkan bahwa webinar dapat menambah skill kamu saat akan melamar suatu lowongan pekerjaan. Lalu bagaimana dengan yang tidak sedang mencari pekerjaan? Apakah webinar perlu untuk diikuti? Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat dari webinar sehingga kamu tidak ragu dan tidak perlu berpikir dua kali untuk mengikutinya. Ayo simak artikel berikut ini!

Manfaat Webinar

Bagi beberapa orang, webinar tampak membosankan dengan beberapa tema yang cukup berat dan serius. Walau begitu, ada beberapa manfaat yang sebenarnya dapat kamu peroleh jika mengikuti webinar di sela-sela waktu luangmu. Manfaatnya sebagai berikut:

 

1.   Terhubung Dengan Banyak Orang dari Beragam Latar Belakang

Sumber gambar: https://konversiadigital.id/webinar-software/

Tidak seperti seminar offline yang terbatas oleh kuota peserta dan jarak, webinar mampu menyediakan ruang yang lebih besar untuk menampung peserta dari beragam latar belakang lokasi, profesi, dan bidang pendidikan. Kamu dapat berjumpa dan berinteraksi dengan orang-orang lintas daerah atau negara tanpa perlu bertemu langsung. Selain itu, akses untuk bergabung juga tidak sulit karena kamu hanya perlu melakukan klik pada link tautan webinar yang diberikan oleh panitia penyelenggara setelah melakukan registrasi.

 

2.Berinteraksi Langsung Dengan Narasumber Ahli

Sumber gambar: https://gmedia.net.id/info/news/detail/601/WEBINAR

Walau seminar dilakukan secara virtual, bukan berarti kamu tidak dapat berinteraksi dengan narasumber ahli. Bahkan dengan adanya webinar, maka akan semakin mudah untuk mengundang narasumber ahli karena tidak adanya hambatan berupa jarak dan waktu. Dengan mengikuti webinar, kamu dapat belajar langsung dari narasumber ahli sesuai dengan bidangnya masing-masing. Tidak hanya sekedar bertatap muka secara virtual, tetapi ada materi yang disampaikan saat presentasi. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan atau berkonsultasi kepada narasumber melalui forum chat yang difasilitasi oleh moderator.

 

3.Belajar Jarak Jauh

Sumber gambar: https://webinarninja.com/webinar-marketing-for-coaches-your-playbook/

Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, webinar tetap memungkinkan kamu untuk belajar dari jarak jauh. Contohnya seperti webinar terkait tips membangun bisnis, tips mengatasi stres saat bekerja, diskusi terkait bagaimana membesarkan dan merawat anak, dan lain-lain. Dengan mengikuti webinar, tentunya kamu akan mendapatkan pengalaman baru dalam berdiskusi dan mendapatkan pengetahuan dari pembelajaran jarak jauh.

 

4.Mendapatkan E-Certificate

Sumber gambar: https://www.liputan6.com/tekno/read/4210240/dukung-e-learning-di-tengah-isu-covid-19-huawei-gandeng-ulearning

Seperti seminar pada umumnya, webinar juga akan menyediakan benefit berupa sertifikat elektronik (e-certificate). Sertifikat ini nantinya akan dikirimkan ke alamat e-mail masing-masing peserta webinar. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi pada peserta webinar yang hadir dan memberikan pengalaman tambahan pada CV atau portofolio kamu. Maka dari itu, pastikan kamu mengisi data diri dengan benar saat mendaftar webinar karena nama kamu akan dicantumkan pada sertifikat dan dikirim langsung ke alamat e-mail kamu.

 

5.Memiliki Waktu Luang dan Hemat Biaya

Sumber gambar: https://cakrawalacreative.com/pembuatan-video-profil/manajemen-waktu/

Webinar memang menjadi salah satu alternatif untuk mengikuti seminar tanpa harus datang langsung ke lokasi seminar sehingga waktu yang diperlukan menjadi lebih fleksibel. Kamu tidak perlu repot-repot membuang waktu di jalan karena kamu tinggal masuk saja pada link tautan webinar dari rumah. Dengan mengikuti webinar, waktu luang yang kamu punya dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain yang juga bermanfaat.

Selain itu, biaya mengikuti webinar juga jauh lebih hemat. Ada banyak kegiatan webinar yang diselenggarakan secara gratis dan ada pula webinar yang berbayar. Walau begitu, biaya yang dikeluarkan untuk webinar berbayar tidak semahal saat mengikuti seminar offline. Maka dari itu, tidak heran webinar menjadi salah satu kegiatan yang diminati saat pandemi karena kini kegiatan seminar menjadi lebih praktis dan hemat dengan webinar.

Itu tadi adalah beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh jika kamu mengikuti webinar. Walau kamu berada di rumah dan tidak melakukan apa-apa, kamu tetap bisa mendapatkan ilmu dan manfaat lainnya dengan mengikuti webinar. Jika kamu bingung harus mulai dari mana, kamu bisa mulai mengikuti webinar dengan tema-tema yang ringan khas anak milenial. Kamu bisa menemukan poster-poster promosi webinar di media sosial kamu dan coba untuk mendaftarkan diri.

Werkudara Institute sendiri juga mengadakan kegiatan webinar sejak bulan Mei lalu. Nama dari webinar ini adalah Webinar Ceritasik dimana webinar ini diadakan sebagai wadah untuk berbagi dan bercerita dengan cara yang asik walau hanya di rumah saja. Sejauh ini Webinar Ceritasik sudah berlangsung selama 9 episode dan membahas tema menarik yang relate dengan kehidupan anak milenial. Buat kamu yang penasaran dan ingin mulai mencoba mengikuti webinar, kamu bisa mengikuti Webinar Ceritasik yang akan diadakan pada bulan September ini. Untuk info lebih lengkapnya, kamu bisa follow Instagram Werkudara Institute di @werkudara.ins. Selamat berdiskusi!

 

Sumber:

1.   Tri Sintarini. 23 Juli 2020. Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar Online. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://www.popbela.com/career/working-life/tri-sintarini/praktis-ini-5-manfaat-mengikuti-webinar-online/6

2.   Ruhil Sabrina. 31 Juli 2020. Jangan Malas, 5 Manfaat Berharga Mengikuti Webinar Online. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://www.idntimes.com/life/career/ruhil-anadiah-sabrina-1/manfaat-berharga-mengikuti-webinar-online/5

3.   Salsabila Putri Pertiwi. 24 Juli 2020. Jangan Bosan, Ikuti Webinar Bisa Memberikan Kita 5 Manfaat Berharga. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://cewekbanget.grid.id/read/062258352/jangan-bosan-ikut-webinar-bisa-memberikan-kita-5-manfaat-berharga?page=all

4.   Melisa. 29 Agustus 2019. Pernah Ikut Webinar? Ini Loh Manfaat Webinar Untuk Mendukung Produktivitas Karyawan. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://magazine.job-like.com/manfaat-webinar-untuk-meningkatkan-produktivitas/

5.   Liputan6. 7 Agustus 2020. Webinar adalah Seminar Online, Begini Fungsi dan Manfaatnya. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://hot.liputan6.com/read/4325095/webinar-adalah-seminar-online-begini-fungsi-dan-manfaatnya