Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat apa yang akan kamu dapatkan jika mengikuti webinar. (Baca: Kenapa Harus Webinar? 5 Manfaat Utama Ikut Webinar). Setelah mengetahui manfaatnya, apakah kamu semakin tertarik untuk mengikuti webinar? Apakah kamu sudah tahu webinar apa yang ingin kamu ikuti? Sebelum kamu mengikuti webinar ada baiknya kamu paham dulu etika yang baik ketika mengikuti webinar karena mau bagaimanapun webinar tetaplah sebuah acara seminar formal, hanya saja kegiatannya dilakukan secara virtual.

Maka dari itu, di artikel kali ini kami akan membagikan sedikit tips bagaimana etika peserta yang baik ketika mengikuti webinar. Etika ini tentu saja penting dan harus diterapkan di semua webinar yang kamu ikuti agar webinar dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengganggu pembicara dan peserta lain. Simak artikelnya berikut ini!

1.   Datang Lebih Awal

Sumber gambar: https://www.businesswest.co.uk/blog/business-west-launches-webinar-and-virtual-networking-series-aid-business-recovery-covid-19

Datang ke dalam webinar lebih awal menjadi salah satu etika baik yang dapat kita lakukan. Mengapa harus datang lebih awal padahal bisa masuk beberapa menit sebelumnya secara instan? Alasan pertama, yaitu untuk memberikan kamu waktu mengunduh beberapa software yang mungkin nantinya akan digunakan ketika webinar. Alasan kedua, yaitu kamu punya waktu lebih banyak untuk memasukkan data diri kamu dan membuat sesi webinar dimulai dengan cepat ketika moderator melihat ukuran audiens yang hadir sudah memenuhi kuota minimal.

2.   Matikan Microphone dan Video.

Sumber gambar: https://id.depositphotos.com/vector-images/mammillar.html

Selama webinar berlangsung, kamu harus memastikan bahwa fitur microphone dan video milikmu telah mati. Hal ini dilakukan untuk menghindari suara lain yang tidak sengaja terdengar atau video yang tidak sengaja terekam saat kamu sedang melakukan sesuatu, seperti menguap, batuk, dan minum oleh peserta lain saat narasumber sedang menjelaskan materi. Jika ada suara lain yang masuk atau video lain terlihat, maka penjelasan materi dari narasumber akan terganggu serta perhatian dan konsentrasi peserta lain dapat teralihkan dan webinar berjalan dengan tidak lancar dan tidak kondusif. Walau begitu, pada beberapa webinar ada juga yang meminta peserta untuk mengaktifkan fitur video.

 

3.   Peserta yang Aktif

Sumber gambar: https://intelligentdemand.com/blog/abm-leadership-alliance-abm-revealed-virtual-event-with-keynote-by-intelligent-demand/

Ketika tiba waktunya untuk sesi tanya jawab, maka disinilah kamu perlu menjadi peserta yang aktif. Kamu bisa bertanya kepada narasumber atau balas menanggapi pertanyaan narasumber. Jika kamu mengajukan pertanyaan, pastikan pertanyaanmu terkait dengan materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Dengan banyaknya peserta yang aktif, maka akan semakin banyak materi tambahan yang akan kamu dapatkan dan mungkin saja belum tersampaikan oleh narasumber.

 

4.   Saling Menghormati

Sumber gambar: https://good2bsocial.com/how-to-create-a-successful-virtual-event-for-your-law-firm/

Ternyata saling menghormati juga penting dan berlaku selama kamu mengikuti webinar. Saat narasumber sedang menyampaikan materi, ada baiknya kamu tidak menyela dengan mengajukan pertanyaan apalagi jika memang tidak diminta oleh narasumber, kecuali jika narasumber memperbolehkan kamu bertanya. Selain itu saat proses diskusi berlangsung, pastikan kamu tidak membantah atau meremehkan pendapat peserta lain, walau pendapatnya berbeda dengan kamu. Kamu bisa mengatakan dengan sopan bahwa kamu memiliki perspektif yang berbeda dengan peserta lain. Dengan begitu, sesi diskusi selama webinar dapat berlangsung dengan baik.

5.   Berikan Feedback

Sumber gambar: https://blog.zoom.us/how-presencesummit-leverages-zoom-to-increase-virtual-event-engagement/

Memberikan umpan balik atau feedback dapat menjadi salah satu hal penting untuk penyelenggara webinar. Hal ini dilakukan untuk membantu mereka meningkatkan kegiatan webinar selanjutnya agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi audiens. Kamu bisa memberi masukan terkait masalah teknis seperti audio, kesulitan membaca konten slide, topik, durasi webinar, dan lain sebagainya. Dengan memberi feedback, penyelenggara tahu apa yang harus mereka pertahankan atau apa yang harus mereka ubah pada webinar selanjutnya.

Nah, itu tadi adalah beberapa contoh etika yang baik selama kamu mengikuti webinar. Setelah membaca artikel di atas, diharapkan kamu mampu menerapkan etika tersebut ketika kamu akan mengikuti webinar atau selama webinar berlangsung sehingga webinar berjalan dengan lancar dan kamu juga mendapatkan pembelajaran baru dari materi yang disampaikan oleh narasumber.

Werkudara Institute sendiri juga akan mengadakan kegiatan webinar yang bernama Webinar Ceritasik dimana webinar kali ini merupakan webinar ke-10 dari seluruh rangkaian webinar yang sudah pernah diadakan Werkudara Institute. Judul acara Webinar Ceriasik kali ini adalah “Mengalami Stres Kerja? Kamu Bisa Menghadapinya Kok!”. Pembicaranya adalah Agata Paskarista yang merupakan Career Counselor & Founder di LOSTIDN serta Christine Anggraeni sebagai Clinical Psychologist di LOSTIDN, sedangkan hostnya sendiri ada Yustinus Agrin yang merupakan Junior Consultant di Werkudara Institute. Webinar ini akan berlangsung pada tanggal 25 September 2020 jam 19.00 WIB via Google Meet.

Jadi bagi kamu yang sering merasa stres saat sedang bekerja, bisa banget untuk ikut Webinar Ceritasik nanti. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengetahuan bagaimana caranya mengatasi stres saat kamu sedang bekerja. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa lihat informasinya pada poster yang diunggah di Instagram @werkudara.ins dan jangan lupa untuk follow ya!

 

Sumber:

1.   Rizki Ramadhan. 26 Juni 2020. 5 Etika Peserta yang Baik saat Mengikuti Webinar. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://www.rukita.co/stories/etika-mengikuti-webinar/

2.   HRD Spot. Panduan Mengikuti Online Workshop via Zoom Video Conference. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://hrdspot.com/blog/panduan-mengikuti-online-workshop-via-zoom-video-conference/

3.   Afret Nobel. 13 Juni 2020. 5 Etika Mengikuti Webinar Gratisan. Diakses pada tanggal 14 September 2020, dari https://tekniksipil.id/5-etika-mengikuti-webinar-gratisan/