Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Apa saja nih kegiatan yang sudah Sahabat Werkudara lakukan selama di rumah? Dengan berada di rumah, apakah tabungan kalian tetap terjaga atau malah semakin berkurang karena terlalu banyak belanja? Daripada berdiam diri dan menghabiskan uang untuk belanja, bagaimana jika kamu mulai mencoba berbisnis secara online? Dengan begitu, kamu tetap memiliki kegiatan di rumah dan pemasukan tetap jalan.

Kali ini kami akan membahas beberapa produk dari bisnis online yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Kami juga akan membahas sedikit bagaimana para pengusaha bisnis tersebut mempromosikan produknya sehingga masyarakat tertarik untuk membeli. Ayo simak artikelnya di bawah ini!

 

Bisnis Fashion

Sumber gambar: dictio.id

Walau sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di rumah, kebutuhan akan sandang pasti akan tetap ada. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang untuk membuka bisnis kecil-kecilan yang berhubungan dengan fashion, seperti piyama, daster, kaos, kemeja, celana, sweater, hoodie, hijab, sepatu, sandal, dan lain-lain.

Pengusaha bisnis fashion ini tentu saja memanfaatkan media sosial sebagai media utama untuk mempromosikan produk mereka. Hal ini dilakukan mengingat saat ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial. Selain itu masyarakat juga lebih tertarik pada barang yang lucu dengan tampilan menarik sehingga para pengusaha akan mengedepankan strategi marketing dengan tampilan visual yang menarik. Contohnya mempromosikan di Instagram dengan template lucu dengan warna-warna cerah atau pastel, menampilkan foto produk yang telah ditata sedemikian rupa hingga tampak menarik, menggunakan model untuk memadukan busana, dan lain-lain. Dengan begitu, masyarakat akan lebih tertarik untuk mengikuti media sosial si produk atau membelinya.

 

Bisnis Makanan dan Minuman

Sumber gambar: https://www.imural.id/blog/ilustrasi-cafe/

Pangan juga menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang harus selalu terpenuhi. Hal ini kemudian menjadi salah satu peluang usaha yang paling banyak diminati masyarakat. Mungkin awalnya sebagian besar masyarakat hanya mencoba-coba untuk berkreasi dengan makanan favoritnya hingga kemudian berpikir untuk menjualnya pada orang terdekat dan berkembang menjadi sebuah bisnis utama. Kebanyakan bisnis ini menjual makanan siap masak untuk yang sedang malas masak, kue-kue manis, cemilan ringan seperti keripik, jus, minuman berbahan dasar kopi, minuman boba, dan banyak lagi.

Sama seperti bisnis fashion, bisnis makanan dan minuman mengandalkan media sosial sebagai media utama untuk mempromosikan produk mereka dan salah satunya adalah Instagram. Hal ini dikarenakan para pengusaha lebih mudah untuk menampilkan foto produk mereka ketika sudah jadi di Instagram. Dengan adanya foto asli dari produk makanan atau minuman tersebut, masyarakat lebih percaya bahwa apa yang ditampilkan di media sosial akan sama dengan apa yang akan mereka dapatkan nantinya. Selain itu, review dari influencer juga biasanya akan menambah nilai plus dari produk mereka sehingga masyarakat percaya bahwa produk mereka memang enak.

Bisnis Alat Kesehatan

Sumber gambar: https://artikel.bibit.id/news-1/masker-dan-hands-sanitizer-semakin-langka

Ternyata peralatan yang berhubungan dengan kesehatan juga menjadi salah satu peluang bisnis yang diminati oleh masyarakat mengingat bahwa kasus penyebaran COVID-19 di Indonesia masih belum membaik. Produk yang banyak dijual, seperti masker, face shield, hand sanitizer, alkohol, desinfektan, sabun, sarung tangan karet, pengukur suhu tubuh, dan lainnya.

Kebanyakan produk ini dijual di apotik, tetapi banyak juga masyarakat yang menjual di platform belanja online. Hal ini dikarenakan permintaan produk kesehatan ini masih cukup tinggi sehingga beberapa orang menjadikan ini sebagai ladang bisnis dengan menjual kembali produk-produk tersebut. Selain menggunakan platform belanja online, beberapa pengusaha bisnis ini juga menggunakan media sosial untuk mempromosikan produknya, seperti di twitter. Mereka akan mengunggah cuitan terkait produk di akun mereka sehingga ketika orang lain mengetik kata kunci tertentu maka cuitan mereka akan muncul atau mereka akan mempromosikannya di bawah cuitan orang lain. Dengan begitu, produk mereka akan dilihat oleh orang lain dan akan dibeli ketika dibutuhkan.

 

Bisnis Skincare dan Makeup

Sumber gambar: hipwee.com

Selain sandang, skincare dan makeup juga banyak dibutuhkan oleh masyarakat walau mereka melakukan kegiatan di rumah. Masyarakat menganggap bahwa walaupun mereka hanya di rumah, tetapi mereka juga harus tetap cantik dan terawat apalagi saat sedang tidak melakukan apa-apa biasanya mereka akan menghabiskan waktu untuk merawat tubuh dan wajah. Para pengusaha pun menggunakan kesempatan ini untuk membangun bisnis skincare dan makeup. Sebenarnya tidak hanya skincare saja yang dijual tetapi juga ada sampo, sabun, scrub tubuh, body lotion dan produk perawatan tubuh lainnya.

Untuk produk skincare dan makeup, para pengusaha bisnis ini lebih banyak menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk mereka. Hal ini dikarenakan adanya foto produk yang ingin ditampilkan, variasi, produk, manfaat produk, cara penggunaan, dan lainnya. Foto dan informasi produk dianggap penting bagi sebagian besar masyarakat untuk mengantisipasi adanya produk palsu yang dijual. Jika informasi terkait skincare dan makeup ditampilkan secara detail, maka masyarakat akan lebih percaya untuk membeli produk tersebut. Selain itu, tampilan Instagram yang menarik juga seringkali mampu untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

 

Bisnis Jasa

Sumber gambar: https://beritauang.com/bisnis-jasa/

Selain bisnis berupa produk, ada juga bisnis yang berupa jasa. Kebanyakan bisnis ini menjual jasa, seperti jasa cetak foto, jasa edit video, jasa edit dokumen, jasa gambar atau ilustrasi, jasa desain logo, jasa desain website, dan jasa lainnya. Bisnis ini ternyata juga banyak dicari oleh masyarakat yang memang membutuhkan jasa tertentu sehingga para pengusaha menawarkan keterampilan mereka dengan imbalan tertentu.

Pengusaha bisnis ini juga menggunakan media sosial sebagai media utama mereka untuk mempromosikan jasa mereka. Rata-rata pengusaha jasa menggunakan Instagram sebagai media untuk menampilkan portofolio terkait jasa yang mereka tawarkan. Mereka biasanya juga menampilkan detail terkait jasa tersebut, misalnya seperti ukuran desain, jumlah desain, jumlah foto yang ingin dicetak, jenis gambar apakah sketsa atau digital, harga, dan lainnya. Tentu saja promosi tersebut harus didukung dengan template Instagram yang menarik. Dengan begitu, masyarakat yang membutuhkan jasa tersebut akan tertarik untuk melihat portofolio lebih jauh dan menggunakan jasa tersebut.

Itu tadi adalah beberapa jenis bisnis online yang sedang diminati oleh pengusaha bisnis dan masyarakat. Di masa pandemi ini memang kebutuhan akan beberapa barang semakin meningkat sehingga para pengusaha pun memanfaatkan kesempatan ini untuk mulai membuka usaha online. Tentu saja usaha ini dilakukan dengan menggunakan strategi digital marketing dimana target pasarnya lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial sehingga para pengusaha lebih mudah untuk mendekati para konsumen. Selain itu para pengusaha juga lebih banyak mengandalkan tampilan yang menarik dan lucu sehingga konsumen yang kebanyakan anak milenial akan semakin penasaran terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Jika kamu ingin mulai mencoba untuk berbisnis, kamu bisa banget untuk mencoba salah satu jenis bisnis yang telah disebutkan di atas. Jika kamu baru pertama kali berbisnis dan bingung harus melakukan apa, kamu bisa ikut acara Ceritasiksoresore episode 6 yang diadakan oleh Werkudara Institute pada Sabtu, 19 September 2020 jam 16.30 WIB di Live Instagram Werkudara. Ceritasiksoresore besok akan membahas terkait tips dan trik memulai bisnis kecil-kecilan. Dengan mengikuti acara besok, mungkin kamu bisa mendapatkan sedikit ilmu bagaimana memulai bisnis di masa pandemi ini. Untuk info lebih lengkapnya, kamu bisa lihat di Instagram @werkudara.ins. Sampai jumpa di Ceritasiksoresore!