Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Pandemi COVID-19 memang meresahkan semua kalangan masyarakat. Dampaknya yang hebat membatasi ruang gerak dan berakibat pada menurunnya pemasukan. Kamu yang semakin sulit mencari kerja, gajinya dipotong, atau bahkan di PHK mau tidak mau harus memutar otak untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Jalan yang bisa kamu pilih ada memulai usaha.

Memulai untuk berbisnis atau berusaha bukan perkara mudah. Kamu harus memilih usaha apa yang akan dijalankan, kepada siapa akan menjualnya, dan bagaimana prospek penjualannya. Belum lagi jika tidak memiliki modal yang cukup. Berikut ini adalah beberapa pilihan usaha untuk kamu pemula dan tidak memerlukan modal besar.

Pre Order Home-made Food

(Sumber: femina.co.id)

Di setiap rumah pasti memiliki dapur. Kamu bisa memanfaatkan dapur rumahmu menjadi pundi-pundi uang. Kamu bisa membuka usaha berjualan makanan yang dibuat sendiri, namun dengan metode pre order alias pesan lebih dulu. Usaha ini cenderung membutuhkan modal yang lebih kecil karena kamu hanya membuat jumlah makanan sesuai pesanan.

Hal yang harus dipersiapkan yang pasti adalah memilih makanan apa yang hendak dijual. Kamu bisa mencari referensi mengenai makanan kekinian di internet. Lihat terlebih target pasar yang ingin kamu incar, apakah kelompok orang tua, anak muda, atau yang lainnya.

Kamu perlu mencari menu makanan yang sesuai dengan target pasar tersebut. Misalnya, kamu ingin memasarkan jualan kepada teman-temanmu di sosial media. Mereka adalah anak muda, maka makanan yang kamu tawarkan mengikuti selera anak muda seperti garlic cheese bread, egg cheese tart, churros, atau disesuaikan dengan kebisaan kamu.

 

Reseller

(Sumber: infopena.com)

Bisnis menjadi reseller masih menjadi pilihan untuk orang-orang dengan modal terbatas. Menjadi reseller berarti kamu menjual produk dari produsen dengan menyetok beberapa barang terlebih dahulu. Kamu tidak perlu memproduksi barang jualanmu sendiri.

Biasanya produsen akan memberikan potongan harga untuk reseller, sehingga reseller bisa memiliki untung lebih. Ambil contoh kamu ingin menjadi reseller casing HP. Harga asli dari produsen adalah Rp30.000 namun kamu mendapat potongan menjadi Rp25.000. Dengan begitu kamu juga akan mendapat untung.

Keuntungan dari menjadi reseller adalah kamu bisa terus berganti-ganti jenis jualan tergantung tren saat ini. Kamu juga tidak perlu menyetok barang yang banyak. Kunci supaya kamu mendapatkan untung lebih adalah rajin melihat tren yang berkembang dan menawarkan ke pasar yang belum dijamah oleh produsen atau reseller lain.

 

Dropshipper

(Sumber: paper.id)

Dropshipper juga banyak digandrungi seperti reseller karena tidak perlu memproduksi barang jualan sendiri. Namun keuntungan menjadi dropshipper adalah kamu tidak perlu menyetok barang sama sekali dan semua proses jual beli dilakukan secara online.

Menjadi dropshipper ibaratnya seperti menjadi perantara. Cara paling sederhana adalah kamu mencari barang dari produsen/supplier di internet, kemudian menawarkannya ke pasar dengan harga lebih tinggi hanya dengan bermodalkan foto produk. Jika ada yang membeli dan memesan dari tawaranmu, kamu membeli dan membayar pada produsen/supplier untuk kemudian meminta dikirimkan ke alamat konsumen langsung. Selisih harga dari produsen dan yang kamu tawarkan adalah untung yang kamu terima.

Kunci utama supaya usaha dropship ini mendapat banyak untuk adalah kamu harus mencari harga terendah dari produsen/supplier yang ada. Jika kamu bisa menemukan harga terendah di pasaran, kamu dapat mengambil untung yang lebih besar. Namun perlu diperhatikan bahwa kamu tidak bisa mengambil untung yang terlalu jauh dari harga asli karena justru akan sepi pembeli.

 

Menawarkan Jasa

(Sumber: woodtracker.com)

Usaha dengan modal minim lainnya adalah dengan membuka usaha di bidang jasa. Kamu dapat membuka jasa tertentu sesuai dengan kemampuan. Misalnya, kamu bisa mendesain, maka kamu dapat membuka jasa desain grafis. Kamu bisa editing, maka bisa membuka jasa editing foto atau video. Kamu mampu mengajar, kamu bisa juga menawarkan diri untuk menjadi guru les anak tetangga.

Kamu bisa jadi saat ini masih bingung dengan kemampuanmu. Kamu bisa mencoba untuk melakukan kerja freelance alias pekerja lepas. Saat ini sudah banyak website penyedia lowongan freelance. Jika kamu ingin mendapatkan tarif yang lebih tinggi, kamu bisa mencarinya di website internasional. Saat ini Werkudara Institute juga sedang bersiap untuk membuka lowongan freelance content writer. Jika kamu berminat, tunggu informasi selanjutnya melalui instagram @wekudara.ins. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Itu tadi beberapa bidang usaha dengan modal minim bahkan ada yang tanpa modal sama sekali. Meskipun kamu tidak memiliki modal materi yang besar, kamu harus memiliki modal niat yang besar. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

Info Peluang Usaha. 20 Peluang Usaha yang Paling Cocok untuk Pemula. https://infopeluangusaha.org/20-peluang-usaha-yang-paling-cocok-untuk-pemula/ (Diakses pada 19 September 2020 pukul 11.52)

Wahyuni, Nuraeffi Dwi. 11 Agustus 2017. Ingin Cepat Balik Modal? Coba Deh 7 Bisnis UMKM Ini. https://www.liputan6.com/bisnis/read/3051899/ingin-cepat-balik-modal-coba-deh-7-bisnis-umkm-ini (Diakses pada 19 September 2020 pukul 11.11)