Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Werkudara Insititute kembali menggelar Ceritasiksoresore episode #06 pada Sabtu, 19 September 2020 jam 16.30 WIB di Live IG dan tema yang dibahas adalah tips dan trik “Memulai Bisnis Kecil-Kecilan”. Narasumber kali ini adalah Mas Dutha yang merupakan salah satu Project Supervisor di Werkudara Institute dengan dipandu oleh Mbak Dita yang merupakan salah satu Content Creator Intern di Werkudara Institute.

Dalam Ceritasiksoresore kali ini, Mas Dutha membagikan pengalamannya bagaimana memulai bisnis berupa angkringan dan penyewaan alat camping. Mas Dutha menceritakan bahwa beliau sudah memikirkan bisnis tersebut sejak lulus sekolah hanya saja mengalami hambatan di modal awal sehingga beliau memutuskan untuk bekerja lebih dulu untuk menabung modal membeli gerobak dan peralatan lainnya. Jadi modal awal memang penting dan diperlukan jika kamu ingin memulai suatu bisnis, walau bisnis kecil sekalipun.

Ketika modal sudah terkumpul dan alat sudah lengkap, lantas tidak membuat bisnis milik Mas Dutha langsung berhasil. Mas Dutha sempat mengalami kesulitan ketika mencari konsumen terutama untuk bisnis penyewaan alat camping karena tidak semua orang suka naik gunung atau camping sehingga pemasarannya agak sulit. Untungnya seiring berjalan waktu, konsumen dari bisnis Mas Dutha semakin bertambah. Tipsnya adalah kamu harus tahu target pasar yang ingin dituju, melakukan promosi yang menarik, dan melakukan pemasaran melalui media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, kamu juga perlu bersikap ramah pada konsumen saat menjual produkmu.

Walau bisnis yang dijalankan kecil dan modal bisnis awal masih sedikit, ternyata kamu tetap harus mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kamu harus mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dari bisnis yang kamu jalankan. Jika kamu mempekerjakan orang lain, kamu juga harus menghitung gaji yang akan diterima oleh orang tersebut. Selain itu, kamu juga berhak mendapatkan gaji untuk diri kamu sendiri dan sisa uangnya dapat digunakan untuk modal selanjutnya. Laporan keuangan itu penting mau sekecil apapun bisnismu sehingga tahu modal keluar dan masuk tiap bulan.

Mas Dutha juga menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan ketika berbisnis sendiri dan ketika berbisnis bersama partner. Ketika kamu memulai usaha sendiri, maka waktu yang kamu miliki lebih fleksibel, kamu bisa mengurus bisnis kamu sendiri, kamu bisa berkreasi mau membuat konsep bisnis yang seperti apa, tetapi kurangnya adalah kamu sendiri yang menanggung modal awal. Saat kamu berbisnis bersama partner, kamu bisa mendiskusikan permasalahan bisnis kamu dengan partner sehingga kamu mendapat ide lebih banyak. Sayangnya berbisnis bersama partner cukup riskan terkait masalah keuangan. Hal ini dikarenakan kamu harus selalu terbuka terkait pemasukan dan pengeluaran modal agar kamu dan partner tetap saling percaya.

Berbisnis sendiri juga ternyata tidak harus selalu sesuai dengan hobi atau kesukaan kamu. Tidak masalah jika bisnis yang kamu jalankan tidak sesuai hobi, yang penting kamu tahu apa yang ingin kamu jual dan tahu siapa target pasar kamu. Walau begitu, berbisnis sesuai hobi memang lebih menyenangkan jika sesuai dengan hobi karena lebih mudah untuk kamu menjual produk tersebut, misalnya seperti yang dialami oleh Mas Dutha. Beliau memiliki peralatan camping karena suka naik gunung tetapi daripada peralatannya dibiarkan begitu saja, ada baiknya bila disewakan sehingga keuntungan yang didapat dari hobi tersebut.

Dalam berbisnis pasti juga ada susah yang dirasakan oleh para pengusaha terutama Mas Dutha. Beliau pernah mengalami down karena konsumen angkringannya tidak ramai seperti hari-hari sebelumnya. Kamu sebagai pebisnis juga pasti pernah mengalami itu. Namun jangan sampai keadaan seperti itu membuat kamu patah semangat dan memutuskan untuk berhenti berbisnis karena mungkin saja saat itu memang belum rezeki kamu. Kamu harus tetap optimis dalam menjalankan bisnis kamu.

Sebagai penutup, Mas Dutha menyampaikan kepada Sahabat Werkudara yang ingin mulai berbisnis bahwa mau sekecil apapun bisnis yang kamu miliki, jangan mengatakan bahwa itu adalah bisnis sampingan. Kamu harus mengatakan bahwa itu adalah bisnis utama kamu sehingga nantinya kamu akan lebih semangat untuk menjalankan bisnis tersebut. Maka dari itu, untuk Sahabat Werkudara yang ingin mulai berbisnis bisa banget mencoba tips yang disampaikan oleh Mas Dutha dan semoga bisnis yang dijalankan sukses terus. Selamat mencoba!

Jika kamu ketinggalan Ceritasiksoresore hari ini, kamu bisa menonton siaran ulangnya di IGTV @werkudara.ins. Sampai jumpa di Ceritasiksoresore episode selanjutnya!