Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Setelah lulus kuliah, tujuan yang ingin dicapai fresh graduate adalah mendapatkan pekerjaan. Namun, tidak semua lulusan baru bisa berkesempatan terjun langsung ke dunia kerja. Persaingan dunia kerja sangat besar. Setiap tahun jumlah pencari kerja kian meningkat. Belum lagi karena pandemi COVID-19, kegiatan mencari kerja semakin sulit. Perusahaan semakin sedikit membuka lowongan, namun pencari kerja semakin banyak.

Daripada meratapi diri karena belum mendapatkan pekerjaan, lebih baik kamu mengisi waktu luang saat ini dengan aktivitas yang bermanfaat. Kamu perlu meningkatkan kompetensi diri untuk lebih unggul dari orang lain. Ketika mengikuti proses rekrutmen nanti, HRD dapat melihat bahwa kamu mengisi waktu luang dengan aktivitas yang berguna.

Berikut beberapa aktivitas yang berguna untuk meningkatkan kompetensi diri:

Memperbaiki CV

(Sumber: magazine.job-like.com)

Selama mencari informasi lowongan pekerjaan, hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah Curriculum Vitae (CV). Memperbaiki CV adalah hal fundamental, karena menjadi salah satu syarat dokumen untuk melamar kerja. Pastikan CV memuat informasi seperti data diri, pengalaman kerja/organisasi dengan deskripsi pekerjaannya, dan kualifikasi diri. Buat CV dengan semenarik mungkin supaya HRD tertarik untuk membacanya, namun tetap buat ringkas dan sederhana.

 

Webinar

(Sumber: levelaccess.com)

Mengikuti seminar adalah salah satu cara meningkatkan pengetahuan dan kompetensi diri tanpa biaya besar. Semenjak pandemi, seminar dilakukan secara online sehingga berubah menjadi webinar. Sangat banyak webinar yang diselenggarakan selama masa pandemi, mulai dari yang berbayar hingga gratis sekalipun. Biasanya dalam webinar, kamu akan mendapat ilmu yang melimpah dalam waktu singkat. Pengalaman kamu mengikuti webinar pun dapat dimasukkan ke dalam CV.

Werkudara Institute juga banyak menyelenggarakan webinar dengan tema-tema menarik yang terkait kehidupan di usia muda. Jika kamu tertarik, perhatikan terus akun Instagram @werkudarains untuk informasi webinar selanjutnya.

 

Pelatihan/Workshop

(Sumber: collegedekho.com)

Saat ini tersedia banyak pelatihan/workshop yang bisa dilakukan secara online. Melalui workshop kamu bisa mengikuti pelatihan di bidang yang sangat spesifik. Kamu bisa mengambil workshop untuk mendalami keterampilan yang sudah kamu pelajari selama kuliah ataupun di bidang yang berbeda.

Saat kamu mencari lowongan pekerjaan, beberapa perusahaan mensyaratkan pelamar untuk memiliki keterampilan khusus. Usahakan kamu mengikuti workshop yang akan mendukung profesi tersebut. Keuntungan dari mengikuti workshop adalah kamu akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang akan menjadi bukti keterampilanmu.

 

Belajar Bahasa Asing

(Sumber: inspirasipagi.id)

Kamu bermimpi untuk bekerja di perusahaan multinasional atau internasional? Maka kamu harus menguasai bahasa asing. Banyak perusahaan yang mencantumkan syarat kemampuan bahasa asing bagi pelamar. Salah satu bahasa asing dasar yang perlu kamu kuasai adalah Bahasa Inggris. Mungkin kamu merasa sudah mempelajari bahasa Inggris sejak sekolah, namun apakah kamu yakin untuk menerapkannya? Jika tidak, kamu perlu belajar lebih banyak lagi.

Biasanya perusahaan yang menyertakan syarat keterampilan bahasa asing akan menggunakan bahasa tersebut, mulai dari percakapan sehari-hari, dokumen, dan laporan. Bahkan tidak jarang proses rekrutmen dilaksanakan dengan bahasa asing, mulai dari tes tertulis hingga wawancara.

Kerja Magang

(Sumber: qerja.com)

Di masa pandemi seperti ini mungkin tidak banyak lowongan pekerjaan yang tersedia, namun banyak tersedia untuk lowongan magang. Salah satu alasannya adalah perusahaan banyak melakukan PHK, namun tetap butuh tenaga untuk mengerjakan pekerjaan operasional harian.

Bila kamu tertarik untuk melamar kerja magang, perlu diingat bahwa tujuan utama kerja magang adalah mendapatkan pengalaman kerja, bukan mendapat gaji. Maka dari itu kamu jangan berharap bahwa menjadi anak magang mendapatkan upah yang besar.

Sudah banyak pula pekerjaan magang yang menerapkan work from home (WFH) sehingga kamu dapat menghemat biaya transportasi dan dapat mengerjakan aktivitas lain. Jika kamu sudah memiliki profesi impian, cari lowongan kerja magang yang berhubungan dengan profesi tersebut. Perusahaan akan lebih tertarik menerima calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Isi waktu luangmu dengan aktivitas yang bermanfaat. Jangan selalu menyalahkan pandemi COVID-19 bila semua terasa semakin sulit. Justru kamu harus menganggap inilah waktu yang tepat untuk mengembangkan kompetensi diri. Buat dirimu lebih unggul dari calon pekerja lainnya!

Sumber:

Innayah, Nabilla Ulfatul. 26 mei 2020. Tips Mengisi Waktu Luang Pasca Lulus Kuliah. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2020/05/26/180658/tips-mengisi-waktu-luang-pasca-lulus-kuliah?page=1 (Diakses pada 3 Oktober 2020 pukul 10.41)

Liputan6.com. 19 November 2016 Menganggur Setelah Lulus? 7 Hal Ini Bisa Isi Waktu Luang. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2655872/menganggur-setelah-lulus-7-hal-ini-bisa-isi-waktu-luang (Diakses pada 3 Oktober 2020 pukul 10.25)