Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

 

Sebagian besar dari Anda, khususnya yang bekerja pada suatu perusahaan atau instansi pasti sering mendengar istilah pelatihan dan pengembangan. Para ahli mendefinisikan pelatihan dan pengembangan secara berbeda-beda, tetapi pada dasarnya pelatihan dan pengembangan merupakan upaya suatu perusahaan untuk mempersiapkan karyawan dalam memikul tanggung jawab besar di tempat mereka bekerja. Maka dari itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk melaksanakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawannya. Tujuan dari pelatihan dan pengembangan ini tentunya akan baik dan bermanfaat bagi perusahaan itu sendiri.

Sumber gambar: https://markey.id/blog/bisnis/entrepreneurship/pelatihan-dan-pengembangan-sdm

Menurut Carrel dkk. (1982) seperti yang dikutip oleh Novia (2012), tujuan umum pelatihan dan pengembangan bagi karyawan adalah sebagai berikut:

Improve Performance

Bagi karyawan yang kinerjanya kurang memuaskan karena minimnya kecakapan atau keterampilan, pelatihan dan pengembangan dapat membantu mereka untuk memperbaiki hal tersebut. Walau pelatihan dan pengembangan tidak memecahkan semua masalah terkait kinerja karyawan, tetapi program tersebut setidaknya dapat meminimalisir permasalahan yang ada.

Update Employee’s Skill

Karyawan diharuskan tanggap pada perkembangan teknologi yang akan membuat fungsi organisasinya lebih efektif. Perubahan teknologi berarti perubahan lingkup pekerjaan yang menandakan bahwa harus adanya pembaharuan pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Melalui pelatihan dan pengembangan, pelatih (trainer) akan memastikan bahwa para karyawan dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.

Solve Organizational Problems

Setiap organisasi tentunya memiliki banyak tujuan yang ingin dicapai. Walau begitu, organisasi seringkali mengalami hambatan untuk sampai pada tujuan tersebut, seperti kelangkaan sumber daya, konflik antarpribadi, standar dan kebijakan yang kabur, penundaan jadwal, kekurangan persediaan, tingkat ketidakhadiran dan perputaran karyawan yang tinggi, serta berbagai faktor kendala lainnya. Dengan adanya pelatihan dan pengembangan, organisasi memiliki pengetahuan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan yang terjadi.

Prepare for Promotion and Managerial Succession

Hal penting guna menarik, mempertahankan, dan memotivasi karyawan yaitu dengan program pengembangan karir. Dengan mengikuti program pelatihan dan pengembangan, karyawan dapat memperoleh keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk promosi dan memudahkan dalam perpindahan tanggung jawab ke pekerjaan yang lebih tinggi.

Satisfy Personal Growth Needs

Bagi sebagian besar karyawan yang berorientasi pada prestasi atau pencapaian, mereka akan membutuhkan tantangan-tantangan baru pada pekerjaannya. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan dapat memainkan peran ganda dengan menyediakan aktivitas-aktivitas yang membuahkan efektivitas organisasional yang lebih besar dan meningkatkan pertumbuhan pribadi bagi semua karyawan.

Selain beberapa tujuan yang telah disebutkan diatas, ada tujuan lain mengapa pelatihan dan pengembangan diperlukan menurut Mangkunegara (2006) seperti yang dikutip oleh Erlin (2013), yaitu:

1.   Meningkatkan penghayatan jiwa dan ideologi

2.   Meningkatkan produktivitas kerja

3.   Meningkatkan kualitas kerja

4.   Meningkatkan perencanaan sumber daya manusia

5.   Meningkatkan sikap moral dan semangat kerja

6.   Meningkatkan rangsangan agar karyawan mampu berprestasi secara maksimal

7.   Meningkatkan kesehatan dan keselamatan

8.   Menghindarkan keseragaman

9.   Meningkatkan perkembangan pribadi karyawan

Dari tujuan pelatihan dan pengembangan karyawan yang telah dikemukakan diatas, dapat disimpulkan bahwa tujuan pelatihan dan pengembangan yaitu untuk meningkatkan kemampuan karyawan baik secara afektif, kognitif, dan psikomotorik serta mempersiapkan karyawan dalam menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi sehingga dapat mengatasi hambatan-hambatan yang sekiranya muncul dalam pekerjaan.

Werkudara Institute sendiri menyediakan program pelatihan dan pengembangan bagi perusahaan atau instansi yang membutuhkan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku adaptif pada kelompok / komunitas / organisasi / perusahaan / masyarakat melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan. Werkudara Institute menyusun program pelatihan dan pengembangan tersebut secara inovatif, kreatif, dan profesional sehingga diharapkan dapat tepat guna. Klien dapat mengikuti program pelatihan dan pengembangan sesuai dengan modul yang telah dirancang oleh Werkudara atau klien juga dapat meminta program pelatihan khusus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, program pelatihan dan pengembangan dari Werkudara dapat dilaksanakan dalam setting indoor maupun outdoor dan dilaksanakan dengan tema menarik sehingga pelatihan akan lebih menyenangkan.

 

 

 

Sumber:

1.   Kandou, E. E. (2013). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada PT. Air Manado). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3).

2.   Reguning, Novia Dwi. (2012). Pelaksanaan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2010-2011. Skripsi. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *