Penulis: Sesilia Sophia Kadita

 

Karyawan baru mendapatkan pelatihan? Sudah biasa. Bagaimana dengan pemimpin perusahaan/organisasi?

Banyak orang yang menganggap bahwa pelatihan pengembangan (training) hanya diperlukan oleh karyawan baru untuk memberikan keterampilan sesuai yang diharapkan oleh perusahaan. Padahal pimpinan perusahaan dan para profesional di bidangnya pun, atau disebut eksekutif perusahaan, juga penting untuk melakukan pelatihan dan pengembangan. Pelatihan seperti ini biasanya diperuntukkan mulai dari eksekutif menengah, seperti leader team, supervisor, dan manajer, hingga eksekutif atas seperti direktur, dan pemilik.

Mengapa pelatihan dan pengembangan itu penting sebenarnya tergantung dari masing-masing pelatihan yang diikuti. Berikut ini adalah beberapa pelatihan yang penting untuk diikuti oleh eksekutif perusahaan:

 

Pelatihan Kemahiran Berbisnis (Business Acumen)

(Sumber: liputan6.com)

Jenis pelatihan yang pertama adalah kemahiran dalam berbisnis. Business Acumen atau kemahiran berbisnis kerap menjadi tuntutan kompetensi yang perlu dimiliki seorang pemilik, direktur, dan bahkan manajer. Mengapa? Pemimpin dan karyawan di posisi strategis adalah pihak yang mengambil keputusan dalam penentuan masa depan perusahaan.

Business Acumen juga menyangkut bagaimana melihat dampak setiap kejadian dan keputusan yang diambil terhadap kondisi keuangan perusahaan. Suatu perusahaan entah itu perusahaan nirlaba sekalipun tetap memiliki kesehatan keuangan untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari. Pelatihan dan pengembangan dalam bidang Business Acumen membantu pemilik, direktur, atau manajer untuk memprediksi apakah keputusan yang hendak diambil menguntungkan atau merugikan dalam hal keuangan.

Salah satu pelatihan yang diberikan dalam Business Acumen adalah mengenai cara pandang helikopter (helicopter view) yang dapat membantu melihat seluruh kejadian dalam satu rangkaian. Dengan mengetahui cara pandang helikopter, pimpinan perusahaan mampu melihat hal-hal kompleks dengan lebih sederhana.

Beberapa manfaat yang didapatkan dalam pelatihan di bidang Business Acumen adalah:

·      Memahami kegiatan bisnis perusahaan secara holistik dan komprehensif

·        Memahami isu kompleks dengan model yang lebih sederhana

·        Memahami sudut pandang investor terhadap perusahaan

 

Pelatihan Komunikasi Bisnis yang Efektif (Effective Business Communication)

(Sumber: lampost.co)

Salah satu faktor utama kegagalan bisnis adalah buruknya komunikasi yang ada di perusahaan. Masih banyak perusahaan yang melakukan komunikasi secara satu arah dengan karyawannya secara vertikal, misalnya selalu memberikan karyawan perintah atau pekerjaan tanpa mau mendengarkan feedback dari karyawan itu sendiri. Akibatnya sering terjadi miskomunikasi dan perusahaan tidak berjalan efektif.

Dalam organisasi, komunikasi yang efektif sangat penting terhadap kelangsungan bisnis, kesejahteraan, dan kenyamanan karyawan sehingga dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan penuh sinergi. Namun, perlu diakui tidak semua orang terlahir sebagai komunikator yang baik, begitupun dengan pimpinan perusahaan.

Pimpinan perusahaan seperti pemilik, direktur, dan manajer perlu memahami bahwa cara berkomunikasi dengan setiap divisi bahkan setiap karyawan tidaklah sama. Pelatihan mengenai Komunikasi Bisnis yang Efektif bermanfaat untuk menggali potensi diri dan meningkatkan kemampuan dasar secara efektif dan berdampak positif terhadap sasaran organisasi.

Beberapa manfaat yang didapat dalam pelatihan jenis ini adalah:

·               Memahami hambatan dalam berkomunikasi dan cara mengatasinya

·   Membangun kemampuan beradaptasi dengan berbagai gaya komunikasi interpersonal (perbedaan kepribadian, generasi, budaya, dll)

·               Meningkatkan kemampuan komunikasi yang efektif dan impresif

 

Pelatihan Kepemimpinan (Effective Leadership)

(Sumber: gonextpage.com)

Profit bukan satu-satunya yang menunjang kehidupan perusahaan. Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) yang dinamis juga berpengaruh dalam perkembangan bisnis perusahaan. Salah satu tantangan dalam pengelolaan SDM adalah tuntutan kompetensi yang tinggi, motivasi kerja yang kuat, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Tantangan ini pada akhirnya menjadi tanggung jawab bagi para pimpinan perusahaan atau organisasi.

Seorang pemimpin dituntut untuk mampu mengelola kompetensi dan kerja tim supaya mendapatkan kinerja yang optimal. Pemimpin bertanggung jawab untuk mengembangkan komitmen dan motivasi bawahan dengan cara yang persuasif dan kreatif melalui dukungan serta bimbingan.

Melalui pelatihan seperti ini, pemimpin dapat memperoleh pengetahuan mengenai berbagai gaya kepemimpinan yang fleksibel dan cara berkolaborasi untuk mengelola kinerja bawahan. Beberapa manfaat dalam pelatihan Effective Leadership antara lain:

·        Mengembangkan gaya kepemimpinan efektif

·        Mengembangkan potensi dan motivasi bawahan secara optimal

·        Melakukan komunikasi efektif yang menyangkut kinerja dan pengembangan potensi

 

Pelatihan Kecerdasan Emosional (Leading with Emotional Intelligence)

(Sumber: tirto.id)

Tanpa disadari, emosi berpengaruh dan berperan lebih banyak  terhadap kinerja daripada yang dibayangkan. Kecerdasan emosional adalah kompetensi yang perlu dimiliki seorang pemimpin untuk dapat menjalankan perannya secara efektif. Kehebatan pemimpin dalam penyusunan strategi dan koordinasi tim perlu didukung dengan kemampuan mengelola emosi.

Pemimpin yang memiliki kecerdasan emosional tidak hanya dapat mengatur emosi diri sendiri, namun juga emosi orang lain serta menemukan cara yang paling efektif untuk mempengaruhi lingkungan secara positif. Pelatihan mengenai kecerdasan emosional membekali pemimpin untuk mengelola emosi diri dan orang lain secara lebih mendalam sehingga mampu memfasilitasi kinerja dengan efektif.

Keuntungan dari pelatihan di bidang ini adalah:

·          Memahami konsep ilmiah kecerdasan emosional

·          Memahami cara pengelolaan emosi individu dan kelompok

·          Menyusun langkah pengelolaan emosi untuk menjalankan peran sebagai pemimpin

Itulah beberapa jenis pelatihan dan pengembangan yang ternyata juga perlu dilakukan oleh pimpinan perusahaan/organisasi. Selama ini banyak perusahaan masih menganggap bahwa yang membutuhkan pelatihan adalah karyawan baru. Dengan mengikuti beberapa pelatihan seperti disebutkan di atas, pimpinan perusahaan/organisasi dapat lebih efektif mengelola bisnis.

Werkudara Institute sendiri juga menyediakan pelatihan-pelatihan tersebut yang dinamakan dengan Executive Development Program. Pelatihan dan pengembangan ini dapat membantu perusahaan atau organisasi, mulai dari jenjang UMKM hingga perusahaan besar. Informasi lebih lanjut dapat klik di sini.

 

 

Sumber:

Werkudara Institute. Executive Development Program. https://werkudarains.org/product-category/training/executive-development/ (Diakses pada 13 Oktober 2020 pukul 13.30)

 

Studi Ilmu. 6 Alasan Pelatihan Kepemimpinan Eksekutif Sangatlah Penting. https://www.studilmu.com/blogs/details/6-alasan-pelatihan-kepemimpinan-eksekutif-sangatlah-penting (Diakses pada 13 Oktober 2020 pukul 16.34)