Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Halo calon anak magang! Apakah kamu sudah siap untuk menjalani masa magang? Bagi kamu calon anak magang, mungkin kamu sedang sangat semangat karena berhasil mendapatkan kesempatan emas ini. Selain bisa membantumu agar lebih familiar dengan lingkungan kerja, magang juga bisa saja menjadi batu loncatan untuk karirmu di masa depan. Karena itu, jangan sekali-sekali kamu menganggap remeh “masa percobaan” ini.

Sebelum memulai masa magangmu, akan sangat baik jika kamu meluangkan waktu untuk mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Sayangnya, masih ada dari kamu yang mungkin masih bingung atau belum tahu tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum magang. Berikut ini 7 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mengikuti magang!

 

Mencari Informasi dan Detail Perusahaan

Sumber gambar: http://annualreport.id/highlight/peran-korporasi-dalam-mewujudkan-smart-city-

Sebelum kamu melakukan kegiatan magang, ada baiknya apabila kamu mencari tahu lebih dulu informasi dan detail lainnya terkait perusahaan yang akan kamu tuju. Pastikan kamu mengetahui dengan baik perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, apakah visi-misi perusahaan tersebut sesuai dengan diri kamu, dan apakah perusahaan yang kamu tuju memiliki kuota untuk magang atau tidak. Setelahnya kamu dapat mencatat mengenai prosedur apa saja yang harus kamu penuhi untuk dapat magang di tempat tersebut.

 

Mencari Informasi Detail Pekerjaan

Sumber gambar: https://katadata.co.id/yuliawati/indepth/5eac5501a6379/sengkarut-kartu-prakerja-sebelum-lahir-hingga-lari-di-tengah-pandemi

Jika kamu sudah mengetahui dengan benar informasi perusahaan tersebut, kamu dapat mulai mencari tahu informasi terkait tugas yang akan kamu kerjakan sesuai dengan posisi yang telah kamu lamar. Dengan mencari tahu detail tugas dari posisi tersebut, setidaknya kamu akan mendapatkan sedikit gambaran terkait apa saja yang akan kamu kerjakan di perusahaan tersebut. Walau begitu, jangan lupa untuk tetap mempelajari hal baru dari setiap kegiatan yang kamu lakukan.

 

Persiapkan Proposal dan Laporan Magang

Sumber gambar: https://www.ilmuskripsi.com/2019/03/cara-membuat-proposal-skripsi-dijamin-langsung-acc.html

Untuk kamu yang masih kuliah, ada baiknya apabila kamu mempersiapkan proposal dan laporan kegiatan magang. Tujuannya adalah agar kamu benar-benar mendapatkan izin dari kampus untuk mengikuti kegiatan magang tersebut. Di beberapa perguruan tinggi biasanya proposal dan laporan kegiatan ini juga digunakan untuk kepentingan penilaian dari pihak kampus. Jadi, pastikan proposal dan laporan kegiatan magang ini telah dipersiapkan dengan baik dan benar.

 

Persiapkan Dokumen Pribadi

Sumber gambar: https://blog.unitedtronik.co.id/waspada-marak-jual-beli-data-pribadi-ikuti-4-cara-perlindungan-ini/

Saat kamu melamar magang di sebuah perusahaan, kamu pasti akan diminta untuk mempersiapkan data-data pribadi, seperti Curriculum Vitae (CV) dan portofolio. Pada beberapa perusahaan, bagi pelamar yang masih berstatus mahasiswa biasanya diminta untuk menyertakan kartu mahasiswa dan transkrip nilai. Selain itu, ada pula beberapa perusahaan yang membutuhkan surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit bagi orang yang melamar di tempatnya. Maka dari itu, persiapkan data pribadi kamu dengan baik dan jangan sampai ada yang terlewat.

 

Persiapkan Finansial Dengan Baik

Sumber gambar: https://www.ayosemarang.com/read/2019/12/18/49146/cara-mengatur-finansial-untuk-anak-milenial

Siapa bilang jika magang tidak perlu untuk mempersiapkan finansial? Untuk kamu yang magang dari rumah, hal ini bukan menjadi masalah yang besar. Namun jika kamu melaksanakan kegiatan magang di kantor dan perusahaan tidak menyediakan budget untuk akomodasi, maka kamu tetap harus memikirkan dan menyiapkan budget sendiri. Hal ini dikarenakan ada beberapa kegiatan magang yang biasanya dilakukan di luar kota sehingga kamu pun perlu untuk mempersiapkan budget yang sesuai. Kamu harus memikirkan biaya tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi, dan biaya lainnya. Walau begitu, ada juga perusahaan yang memberikan gaji atau mempersiapkan budget untuk akomodasi karyawan magangnya.

 

Persiapkan Mental dan Target Kerja

Sumber gambar: https://www.its.ac.id/news/2020/04/18/rawat-kesehatan-mental-di-tengah-pandemi/ilustrasi-kesehatan-mental/

Selain mempersiapkan hal-hal yang telah disebutkan di atas, kamu juga harus mempersiapkan mental dengan baik. Hal ini dikarenakan lingkungan dalam dunia kerja sangat berbeda dengan lingkungan dalam dunia kampus. Dalam lingkungan kerja, kamu akan dituntut untuk memiliki target atau sasaran yang sesuai dengan tujuan perusahaan. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan mental yang kuat agar tidak merasa kewalahan dengan pekerjaan yang diberikan pada kamu.

 

Berdoa dan Meminta Restu Orangtua

Sumber gambar: https://www.ayosemarang.com/read/2020/04/30/56203/bacaan-doa-mohon-kelancaran-rezeki-ketika-wabah-melanda

Selanjutnya, kamu dapat berdoa dan mengucapkan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena telah mendapatkan tempat magang. Kamu juga dapat meminta restu dari orangtua agar kegiatan magang yang kamu lakukan dapat berjalan dengan lancar sejak awal kamu bekerja hingga selesai nantinya.

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebelum melakukan kegiatan magang. Utamakan persiapan yang matang sebelum kamu melamar magang agar kamu mendapatkan kesempatan lebih besar untuk diterima di perusahaan yang kamu inginkan. Jangan sampai kegiatan magang kamu terhambat karena kurangnya persiapan yang kamu lakukan. Selain itu, manfaatkan kesempatan magang untuk menambah pengalaman yang akan membawamu menuju dunia kerja. Magang adalah waktu yang tepat untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya tentang apa yang ingin kamu ketahui. Tingkatkan rasa ingin tahumu dan jangan malas untuk bertanya. Selamat mencoba!

 

Sumber:

1.   Mayang. (17 Desember 2019). Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Mengikuti Kegiatan Magang. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2020, dari https://sevima.com/siapkan-6-hal-ini-sebelum-kamu-mengikuti-kegiatan-magang/

2.   Eka Kusumaningrum. (8 November 2017). 5 Hal yang Perlu Disiapkan Mahasiswa Sebelum Magang. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2020, dari https://www.hipwee.com/list/5-hal-yang-perlu-disiapkan-mahasiswa-sebelum-magang/

3.   Renesia. (29 Februari 2020). 10 Persiapan Sebelum Magang Yang Wajib Kamu Lakukan. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2020, dari https://www.renesia.com/10-persiapan-sebelum-magang/