Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

Bagi sebagian besar orang, perayaan ulang tahun merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu karena perayaan tersebut identik dengan pesta, kado, kue, makanan-makanan lezat, dan baju bagus. Selain itu, ucapan selamat dan doa-doa yang diberikan dari orang-orang disekitar membuat hari ulang tahun tentunya terasa begitu spesial. Oleh karena itu, kebanyakan orang hanya berfokus pada kegiatan perayaannya saja dan melupakan makna sesungguhnya dari pertambahan usia tersebut. Padahal makna ulang tahun tidak hanya seputar perayaan bertambahnya usia dengan pesta dan kado, tetapi juga ada makna mendalam di balik itu semua.

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Werkudara Institute, kali ini kami akan memberikan sebuah artikel terkait beberapa makna ulang tahun yang dapat kamu pahami dan diterapkan untuk kedepannya. Dengan begitu, perayaan ulang tahunmu akan terasa semakin spesial, baik untuk diri kamu sendiri maupun orang di sekitarmu. Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Memahami Tujuan Hidup

Sumber gambar: https://greatmind.id/article/siapkah-jadi-penguasa-nasib-kita-sendiri

Hari ulang tahun tidak hanya mengingatkan bahwa usia kamu semakin bertambah, tetapi juga mengingatkan bahwa kamu terus tumbuh dan berkembang. Itu artinya kamu harus mulai memahami apa sebenarnya tujuan hidup yang kamu inginkan. Kamu dapat mulai menetapkan tujuan seperti apa dan standar diri seperti apa yang ingin kamu capai di masa depan. Jika kamu sudah memahami tujuan hidupmu, kamu perlu berkomitmen pada dirimu sendiri dan menyusun rencana untuk memperjuangkan tujuan tersebut. Saat ulang tahun berikutnya, kamu dapat melihat kembali hal-hal apa saja yang telah kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut dan dapat menyusun rencana lainnya untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik.

 

Sarana Refleksi Diri

Sumber gambar: https://greatmind.id/article/memahami-diri-sendiri

Merayakan ulang tahun tidak harus selalu dengan pesta, kado, atau makanan lezat. Kamu dapat memanfaatkan perayaan ulang tahun sebagai sarana refleksi diri dengan merenungkan apa saja yang sudah kamu lakukan selama beberapa tahun ke belakang. Dengan begitu, kamu mengetahui apa saja kekurangan atau kesalahan yang pernah kamu lakukan dan tahu apa yang harus diperbaiki agar menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Perayaan ulang tahun secara otomatis akan membuat kamu semakin termotivasi dan terinspirasi untuk melakukan banyak hal yang lebih positif, baik untuk diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan. Bahkan kamu dapat membuat orang lain ikut termotivasi karena melihat kamu yang mampu melakukan sesuatu dengan percaya diri.

 

Momen untuk Bersyukur

Sumber gambar: https://greatmind.id/article/jujur-dalam-bersyukur

Ulang tahun juga merupakan saat yang tepat untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena masih diberikan kesempatan untuk menikmati pertambahan usia dan merasakan semua anugerah-Nya. Kamu dapat melihat dan mengambil hikmah dari semua hal yang pernah terjadi sebelumnya dengan meyakini bahwa semua keberhasilan dan kegagalan tersebut merupakan ujian yang Tuhan berikan padamu. Dengan begitu, kamu juga menjadi lebih bijaksana dalam mengambil keputusan dan bertindak dari kejadian-kejadian yang kamu alami.

 

Berbagi Kebahagiaan pada Orang Lain

Sumber gambar: https://greatmind.id/article/mengapa-berbagi-itu-penting

Di hari ulang tahunmu, ajak serta orang lain untuk ikut merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan. Kamu dapat melakukan banyak hal untuk memberikan kebahagiaan tersebut, seperti membagikan makanan untuk anak-anak di pinggir jalan, menyumbangkan pakaian atau buku-buku bagi anak-anak yang membutuhkan, atau menyisihkan uang yang kamu miliki untuk diberikan sebagai sedekah. Dengan begitu, kamu telah berbagi kebahagiaan pada orang lain melalui kegiatan yang mulia dan kamu pun akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Ternyata ulang tahun tidak hanya tentang angka yang bertambah atau pesta hura-hura, tetapi juga dapat memberikan perubahan untuk diri sendiri sehingga menjadi seseorang yang lebih baik di masa depan. Merayakan ulang tahun dengan pesta memang tidak menjadi masalah, namun jika perayaan tersebut membawa nilai-nilai yang positif untuk diri kamu di masa depan, bukankah hal tersebut lebih baik?

Werkudara Institute juga akan merayakan hari ulang tahun yang ke-5 pada 28 Oktober 2020. Tentu saja perjuangan yang dilalui oleh Werkudara hingga bisa mencapai umur 5 tahun bukan hal yang mudah. Pada ulang tahun kali ini, Werkudara mengambil tema “SUMELEH”. Kata “sumeleh” diambil dari Bahasa Jawa yang memiliki arti berserah. Kamu dapat membaca lebih lanjut di artikel berikut ini: Werkudara: Menjadikan Indonesia Kuat dan Tangguh – Menuju 5 Tahun Berdirinya Werkudara Institute

Pada ulang tahun yang ke-5 ini diharapkan Werkudara Institute semakin berkembang dengan inovasi-inovasi baru yang dapat digunakan untuk membantu klien dan masyarakat yang membutuhkan jasa Werkudara. Selain itu, semoga harapan dan cita-cita Werkudara Institute untuk memajukan perekonomian dan pendidikan daerah dapat segera terlaksanakan.

 

Sumber:

1.  Cappucinotea. 24 Januari 2019. Bukan Cuma Soal Usia, Ini 5 Makna Ulang Tahun yang Harus Kamu Pahami. Diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://www.idntimes.com/life/inspiration/astrimeita185atgmailcom/5-makna-ulang-tahun-yang-harus-kamu-pahami-c1c2/5

2.  Tabloid Bintang. 23 Agustus 2016. Apa Sebenarnya Makna Ulang Tahun, Menjadi Dewasa atau Sekadar Bertambah Tua?. Diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://aura.tabloidbintang.com/psikologi/read/45696/apa-sebenarnya-makna-ulang-tahun-menjadi-dewasa-atau-sekadar-bertambah-tua