Penulis : Diavena Alusia Tamba

 

 

Seperti yang Sahabat Werkudara ketahui bahwa magang biasanya identik dengan datang dan bekerja di kantor seperti pekerjaan full time umumnya. Hal tersebut biasa dilakukan oleh mahasiswa sebagai bagian dari pelatihan untuk memberikan gambaran dan pengalaman bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya. Selain itu, magang juga dapat membantu untuk menemukan dan mengasah keterampilan baru yang akan berguna untuk karir di masa depan. Namun sayangnya kegiatan magang di kantor tersebut tidak dapat terlaksana di masa pandemi ini. Memang beberapa perusahaan ada yang sudah menerapkan new normal, tetapi sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk melaksanakan magang secara virtual. Tentu saja magang virtual memberikan keuntungan bagi orang-orang yang tinggal jauh dari perusahaan tersebut, tetapi apakah magang virtual efektif? Apakah pekerjaan yang diberikan mampu membantu mahasiswa untuk merasakan bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya? Apakah magang virtual mampu membantu mahasiswa untuk mendapatkan suatu pembelajaran baru dan mengasah keterampilan?

Sumber gambar: https://jobhun.id/tips-memilih-tempat-magang-tepat-dan-sesuai/

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, saya akan membagikan sedikit pengalaman terkait magang secara virtual di Werkudara Institute. Bagaimana pekerjaan yang diberikan kepada saya dan bagaimana saya bisa mendapatkan pembelajaran baru di Werkudara Institute. Dengan begitu, Sahabat Werkudara dapat melihat apakah magang virtual efektif untuk mahasiswa atau tidak. Ayo simak artikel berikut ini!

Time Management

Sebagai seorang content writer, tentu saja pekerjaan yang diberikan tidak jauh dari kegiatan tulis-menulis, baik menulis artikel ataupun menulis isi konten di media sosial. Kegiatan menulis yang dilakukan oleh content writer bertujuan untuk meningkatkan engagement atau interaksi antara pembaca dan perusahaan. Dengan tujuan tersebut, maka saya diwajibkan untuk menulis sebuah artikel setiap harinya. Selain itu, saya juga diberikan tugas untuk menulis konten di Instagram Werkudara. Oleh karena itulah, saya harus mampu membagi waktu antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya

Walau magang dilakukan secara virtual bukan berarti pekerjaan yang diberikan akan lebih sedikit dan santai, tetapi porsinya akan tetap sama seperti kamu bekerja di kantor pada umumnya. Apalagi jika kamu masih berstatus mahasiswa dan masih disibukkan dengan kuliah online, maka kamu harus mampu mengorganisir waktu antara kuliah dan magang virtual. Jika kamu bermalas-malasan, maka tugas yang diberikan akan semakin menumpuk, baik itu tugas kuliah atau tugas magang. Jadi agar magang virtual berjalan lancar dan efektif, maka kamu harus mengatur jadwal dengan tepat.

Mendapat Pengetahuan Baru

Magang secara virtual bukan berarti kamu hanya akan bekerja dan rapat secara virtual, tetapi juga mempelajari hal-hal baru atau mendapatkan pengetahuan baru secara virtual. Walau pekerjaan yang saya lakukan lebih banyak berputar di tulisan, tetapi saya sering mendapatkan pengetahuan baru dari program webinar yang diadakan oleh Werkudara. Saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas gratis sebagai fasilitas dari magang secara virtual ini. Selain itu, seringkali saya dan teman magang yang lain berdiskusi atau sharing pengalaman dengan atasan dan CEO dari Werkudara sendiri.

Jadi magang virtual juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan pengetahuan baru dan membantu kamu untuk terus berkembang melalui pelatihan dan diskusi yang diadakan oleh perusahaan. Dengan begitu, ketika kamu selesai magang nanti, kamu tidak keluar tanpa ilmu apa-apa tetapi ada pengalaman dan pengetahuan baru yang kamu bawa.

Menjalin Relasi

Salah satu keuntungan yang dapat langsung dirasakan ketika awal magang adalah menjalin relasi. Mengapa demikian? Tentu saja karena ketika kamu pertama kali diterima oleh perusahaan, kamu akan berkenalan dengan atasan-atasan di perusahaan tersebut, baik atasan dari divisi kamu sendiri atau atasan dari divisi lain. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kenalan baru dari teman-teman magang yang lain. Hal ini juga saya rasakan ketika awal magang di Werkudara. Saya dapat berkenalan langsung dengan atasan saya dan CEO Werkudara sendiri. Saya juga mendapat teman baru yang satu tim dengan saya dan kebetulan sama-sama dalam posisi magang. Selain itu, saya juga diajak untuk mengenal fasilitator-fasilitator di Werkudara.

Jadi meskipun magang yang kamu lakukan tidak memungkinkan kamu untuk bertemu langsung dengan orang-orang di perusahaan, tetapi kamu tetap dapat menjalin relasi atau terhubung dengan mereka secara virtual. Selain itu, jangkauan relasimu juga tidak akan terbatas hanya di satu kota saja, tetapi kamu mendapat kesempatan untuk mengenal teman-teman yang berasal dari daerah lain.

Koneksi Internet

Mungkin koneksi internet menjadi permasalahan utama yang dapat dirasakan oleh semua orang, baik yang magang secara virtual atau yang bekerja full time. Koneksi internet merupakan alat yang paling vital saat bekerja secara virtual dikarenakan kamu perlu untuk tetap terhubung dengan tim dan semua tugas yang diberikan perlu untuk segera di upload. Apalagi jika kamu harus melakukan rapat melalui Zoom atau Google Meet setiap minggunya. Saya sendiri pernah merasakan ketidaknyamanan dari koneksi internet yang buruk, seperti tidak bisa melaporkan tugas atau tidak bisa mengikuti webinar dengan baik. Maka dari itu, kamu perlu untuk memastikan koneksi internet stabil selama magang berlangsung. Dengan begitu, magang virtual kamu tetap dapat berjalan dengan lancar tanpa harus mengganggu beberapa tugas yang sedang dikerjakan.

Setelah menjalani magang selama 3 bulan, saya pribadi merasakan bahwa kegiatan yang dilakukan secara virtual ini masih terbilang efektif. Kamu masih dapat merasakan pengalaman bekerja seperti pekerjaan full time umumnya, mendapatkan pengetahuan baru, mengasah keterampilan baru ataupun keterampilan yang sudah ada, menjalin relasi dengan orang-orang profesional, dan banyak lagi keuntungan yang didapatkan seperti magang di kantor. Tentu saja perbedaan yang paling mencolok adalah lokasi tempat kamu magang dan media yang digunakan untuk bekerja sehari-hari. Dengan magang virtual, kamu dapat mengikuti magang dari tempat yang jauh sekalipun dan kamu hanya perlu laptop dan handphone untuk tetap terhubung dengan tim. Kekurangannya mungkin ada pada koneksi internet tetapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa diperbaiki dan dicari solusinya. Jadi untuk kamu yang belum magang dan ingin magang secara virtual, kamu bisa melakukannya sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba hal-hal baru dan menantang dirimu sendiri. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *