Penulis : Sesilia Sophia Kadita

 

Kaum muda seperti pelajar, mahasiswa, dan karyawan yang sibuk biasanya suka melupakan kesehatan. Banyak kebiasaan yang dianggap “kecil” namun nyatanya bila dilakukan terus menerus bisa membahayakan kesehatan. Beberapa kebiasaan ini mungkin sulit dikenali karena sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Efeknya pun juga tidak akan terlihat secara langsung. Namun, seiring berjalannya waktu dapat memberikan dampak serius pada kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun psikis.

Ini 8 kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh generasi muda dan mengganggu kesehatan. Segera hentikan, ya!

1.    Tidur dengan Lampu Menyala

(Sumber: faktualnews.co)

Apakah kamu pernah terlalu lelah bekerja sehingga lupa mematikan lampu dan TV sebelum tidur? Cahaya dari TV atau lampu yang menyala sebenarnya mengganggu kualitas tidur. Penelitian membuktikan bahwa tidur dengan lampu menyala akan menurunkan kadar melatonin, mempengaruhi suhu tubuh, kadar glukosa, dan tekanan darah. Maka dari itu, yuk matikan semua sumber cahaya sebelum tidur. Jika kamu terbiasa tidur dengan lampu menyala, sediakan lampu tidur seredup mungkin.

2.    Telat Makan

(Sumber: klikhijau.com)

Kepentingan mendesak atau pekerjaan yang belum selesai membuat kita kadang suka lupa waktu makan. Menunda waktu makan akan meningkatkan asam lambung, terkena penyakit maag, dan resiko penyakit diabetes. Kadar asam lambung yang terus menerus meningkat akan merusak kondisi dinding lambung. Kebiasaan telat atau menunda makan juga membuat tubuh kekurangan gizi yang akan dicerna untuk dijadikan energi sehingga membuat fokus dan konsentrasi bekerja dan beraktivitas menurun.

3.    Kecanduan Media Sosial

(Sumber: hellosehat.com)

Ada notifikasi baru dari media sosial, langsung dicek. Punya waktu luang di jam istirahat, membuka media sosial. Bosan melakukan pekerjaan, beralih ke media sosial. Terlalu sering dan asik membuka media sosial dapat mempengaruhi kesehatan mental, misalnya menjadi anti sosial. Ketika kamu banyak melihat kehidupan orang lain di media sosial yang kamu anggap “lebih baik”, kamu juga bisa berpeluang merasa iri, stres, dan frustasi. Yuk, kurangi penggunaan media sosial!

 

4.    Begadang

(Sumber: popbela.com)

“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya”. Penggalan lirik lagu tersebut benar adanya. Walaupun kamu memiliki seribu satu alasan untuk begadang seperti mengerjakan tugas atau pekerjaan yang belum kelar, kebiasaan ini tetap mengganggu kesehatan. Begadang terus menerus akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang melemah akan membuat badan tidak fit di hari berikutnya dan membuat tubuh mudah terserang penyakit.

5.    Mendengarkan Musik Terlalu Keras

(Sumer: republika.co.id)

Banyak orang senang bekerja sambil mendengarkan musik. Umumnya orang yang menggunakan headphone ingin mendengar lagu dengan keras tanpa mengganggu atau diganggu orang lain. Namun, tanpa disadari ternyata tombol volume sudah pada puncaknya. Kebiasaan mengatur volume penuh akan menyebabkan kerusakan pada pendengaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik genre pop-rock melalui headphone selama 60 menit dengan volume 50-100% akan menyebabkan kerusakan pendengaran temporer. Jika terlalu sering, maka akan menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen.

6.    Tidur tanpa Mencuci Muka

(Sumber: hipwee.com)

Apakah kamu sering ketiduran setelah lelah beraktivitas atau bekerja tanpa membersihkan diri terlebih dahulu? Sebaiknya kamu membiasakan diri untuk membersihkan seluruh badan sebelum tidur, terutama bagian wajah. Kotoran sisa make-up, debu dari udara luar, atau kelebihan minyak di wajah akan menyumbat pori-pori dan membuat wajah berjerawat. Kulit wajah juga akan terlihat kusam, loh.

 

7.    Melewatkan Sarapan

(Sumber: futuready.com)

Kamu sering bangun siang? Atau kamu terlalu sibuk di pagi hari sehingga melewatkan sarapan? Melewatkan sarapan sebelum beraktivitas atau bekerja akan menurunkan kemampuan kognitif pada fokus, ingatan, dan pemecahan masalah. Efek langsung dari melewatkan sarapan adalah kadar gula yang menurun sehingga insulin dalam tubuh bekerja keras menghasilkan energi meski tubuh perut dalam keadaan “kosong”. Akibat yang dirasakan langsung adalah suasana hati yang menurun dan reaksi otak yang lambat. Nah, jangan lupa memulai hari dengan sarapan supaya  siap untuk bekerja!

 

8.    Makan Meski Tidak Lapar

(Sumber: doktersehat.com)

Kadang jika bosan mengerjakan sesuatu yang sama terus menerus, kita ingin melakukan hal lain dan akhirnya memilih untuk ngemil. Melihat makanan enak juga mengakibatkan kita kerap mengambil porsi makan berlebih. Meski tidak lapar secara biologis, namun secara emosional kita merasa perlu untuk terus mengunyah sebagai penghilang rasa bosan bekerja.

Apa kamu termasuk? Mengonsumsi kalori ekstra dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Jika sudah berlebih akan mengarah pada masalah kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, hingga kanker jenis tertentu. Untuk mempertahankan berat badan, kalori yang masuk ke tubuh harus sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan. Maka jika kamu makan dalam jumlah lebih, aktivitas yang dilakukan juga harus meningkat. Mengurangi asupan kalori bisa membantu kamu menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

Kebiasaan mana saja yang sering kamu lakukan? Sudah tahu kan apa saja dampaknya bagi kesehatan? Mungkin tanpa sadar kamu melakukannya karena sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Maka dari itu sebelum terlambat dan berefek lebih jauh, yuk hentikan kebiasaan buruk tersebut. Ayo hidup sehat!

 

Sumber:

Ciputra Medical Center. 10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mengganggu Kesehatan Anda. https://www.ciputramedicalcenter.com/10-kebiasaan-buruk-yang-dapat-menggangu-kesehatan-anda/ (Diakses pada 3 November 2020 pukul 13.10)

Mardatila, Ani. 22 Juni 2020. 10 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Dapat Mengganggu Kesehatan, Segera Hentikan. https://www.merdeka.com/sumut/10-kebiasaan-buruk-sehari-hari-yang-dapat-mengganggu-kesehatan-segera-hentikan-kln.html?page=all (Diakses pada 3 November 2020 pukul 14.39)

Sahabat Nestle. Inilah Akibat Jika Jarang Sarapan Pagi. https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/inilah-akibat-jika-jarang-sarapan-pagi.html (Diakses pada 3 November 2020 pukul 15.30)