Penulis: Diavena Alusia Tamba

 

 

Pesatnya tantangan dunia kerja di era globalisasi membuat sumber daya manusia (SDM) perlu untuk menunjukkan keahlian-keahlian baru dan harus mampu untuk menunjukkan daya saing yang tinggi dalam bekerja. Perusahaan sendiri juga harus mampu menyaring sumber daya manusia yang kompeten dan berkualitas untuk direkrut masuk ke dalam perusahaan. Maka dari itu, ada baiknya petinggi di perusahaan dan divisi HR mulai menyusun strategi Human Resource Management (HRM) yang tepat untuk dapat menghasilkan output berupa sumber daya manusia yang sesuai dan tepat guna mendukung pertumbuhan perusahaan yang signifikan. Berikut ini beberapa strategi HRM untuk menetapkan SDM yang tepat!

Sumber gambar: https://blog.atrivity.com/mobile-technology-is-essential-for-hr-communications-in-2018

Menentukan Divisi HR Sesuai Fungsinya

Bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, tentu saja keberadaan HR sangat diperlukan untuk mengatur sumber daya tersebut. Satu divisi HR saja belum tentu cukup untuk mengatur semua sumber daya yang ada, maka dari itu diperlukan beberapa divisi HR yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk meningkatkan SDM secara efektif nantinya. Dalam menentukan HR tersebut, perusahaan perlu memilih kandidat yang sesuai dan dianggap berkompeten untuk mengatur serta melakukan perencanaan struktur dan job desc karyawan. Dengan begitu, karyawan pun akan mengetahui dengan jelas tanggung jawab yang dimiliki di perusahaan.

Menempatkan SDM Sesuai Keahlian

Menempatkan karyawan sesuai dengan keahlian yang dimiliki juga penting agar manajemen HR berjalan dengan efektif. Jadi SDM tidak hanya ditempatkan di bidang atau divisi yang mereka lamar, tetapi perusahaan juga dapat menempatkan mereka di bidang yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar karyawan dapat menciptakan inovasi baru pada pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan atau permintaan klien.

Management Trainee Fresh Graduate

Walau di luar sana tersedia begitu banyak SDM dengan berbagai skill yang ada, tetapi perekrutan fresh graduate dapat dinilai lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap SDM yang tepat sasaran. Maka dari itu, perlu dilakukan Management Trainee. Dengan adanya program ini, perusahaan bisa membentuk tenaga kerja sesuai dengan yang diinginkan atau dibutuhkan. Selain itu, perusahaan tidak perlu bingung atau khawatir untuk mencari SDM baru saat ada posisi yang kosong akibat adanya karyawan yang resign atau pensiun.

Memilih SDM di “Pasar” Seperlunya

Ada kalanya ketika perusahaan membutuhkan tenaga kerja dengan skill khusus dan keahlian tersebut tidak dapat ditemukan dalam program Management Trainee, maka perusahaan dapat mencari SDM tersebut dari pasar tenaga kerja. Ketika mencari SDM di pasar, perusahaan perlu memperhatikan bagaimana karakteristik atau keahlian SDM tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Dengan begitu, perusahaan juga dapat mengambil tindakan terkait jenis pelatihan dan pengembangan seperti apa yang mungkin akan sesuai dengan SDM tersebut nantinya.

Mendukung dan Memfasilitasi Kebutuhan Karyawan

Strategi ini tentu saja wajib dilakukan oleh semua perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk selalu mengapresiasi hasil kerja karyawannya terutama bagi mereka yang mampu meningkatkan produktivitas perusahaan dengan mendukung dan memfasilitasi kebutuhan karyawan dalam bekerja, baik kebutuhan kantor maupun kebutuhan personal yang tentunya masih sesuai dengan tujuan perusahaan. Dengan begitu, karyawan akan merasa bahwa kerja kerasnya dihargai oleh perusahaan dan nantinya akan semakin loyal pada perusahaan.

Itulah beberapa strategi HRM yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menghasilkan output berupa sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan produktivitas perusahaan. Jika ingin melakukan pembelajaran lebih lanjut terkait Human Resource Management (HRM), Anda dapat mengikuti pelatihan secara online yang dilakukan oleh Werkudara Institute menggunakan Learning Management System (LMS). Melalui LMS ini, nantinya Werkudara Institute akan memberikan pembelajaran yang berkualitas premium pada Anda. Selain itu, pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika Anda mengikuti pelatihan online melalui LMS di Werkudara? Anda dapat berinvestasi sebesar Rp 1.000.000,00 dan Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar 20% jika Anda mendaftar mulai saat ini hingga 9 November 2020. Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapatkan berbagai modul terbaik mengenai Human Resource Management, akses materi yang dapat diunduh kapanpun dan dimanapun, sertifikat elektronik, serta tersedianya forum diskusi bagi peserta dan instruktur. Jadi apakah Anda mulai tertarik? Jika Anda memang tertarik dan ingin ikut pelatihan, Anda dapat mendaftar di Online Training – Human Resource Management. Selamat mengikuti pelatihan!

 

Sumber:

1.   Sleekr. 8 Mei 2017. 5 Strategi yang Bisa Dipelajari dari Unilever. Diakses pada 4 November 2020, dari https://sleekr.co/blog/4036/

2.   Bivisyani Questibrilia. 16 Oktober 2019. 6 Strategi HR yang Wajib Kamu Lakukan di Perusahaanmu!. Diakses pada 4 November 2020, dari https://www.jojonomic.com/blog/strategi-hr/