Penulis : Novia Floriani

 

Memasuki dunia kerja merupakan hal yang penuh tantangan. Mewujudkan mimpi memiliki karir yang cemerlang segera setelah lulus perguruan tinggi, nyatanya tidak mudah. Membangun karir bukan sesuatu yang instan dan dibutuhkan konsistensi serta komitmen dalam meningkatkan kualitas kerja, agar jenjang karir yang diimpikan dapat tercapai. Lalu, bagaimana dapat meraih cita-cita bekerja dalam perusahaan impian sementara faktanya, mencari pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan?

Di era digital ini, teknologi berperan di hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Berbagai informasi dapat dengan mudah diakses melalui internet. Tentu saja. mencari lowongan pekerjaan secara daring kini juga mulai digemari. Kaum milenial tentu sudah tidak asing dengan LinkedIn. Media sosial satu ini memang difungsikan sebagai jejaring sosial profesional. Berbagai kalangan seperti mahasiswa, fresh graduate, karyawan, pengusaha, bahkan CEO sekalipun dapat ‘mempromosikan’ dirinya melalui LinkedIn.

Lalu, apa yang dimaksud dengan ‘mempromosikan’? LinkedIn sendiri memiliki kurang lebih 500 juta pengguna per tahun 2018 yang didominasi oleh para milenial. Survei LinkedIn Childhood Dream Jobs menyatakan, hal ini terjadi karena anak muda kian termotivasi untuk berjejaring di dunia profesional. Dilansir dari Jobvite, saat ini 93% perusahaan menggunakan LinkedIn untuk melihat profil kandidat dalam rekrutmen. Berikut ini akan dibahas apa saja manfaat memiliki akun LinkedIn dalam menciptakan personal branding yang profesional.

 

  1. Menciptakan Profil Profesional
(sumber: lifepal.co.id)

Apapun latar belakang dan pekerjaan anda, tidak ada salahnya melengkapi profil LinkedIn sebaik mungkin. Data diri, CV, resume, bahkan foto profilnya akan menunjukkan keprofesionalitasan anda. Dengan memiliki profil yang lengkap, anda dapat meninggalkan kesan awal yang baik dari para pengunjung akun LinkedIn anda tersebut.

Namun, anda juga perlu menyiapkan CV dengan baik. Ini sangat berguna bagi anda yang menggunakan LinkedIn dalam mencari pekerjaan. Perusahaan yang tertarik juga akan lebih mudah mendapat informasi tentang riwayat anda.

 

 

2.Memperluas Jaringan Dengan Profesional

(Sumber: regencyconferencecenter.com)

Tentu saja sebagai media sosial, LinkedIn bisa menghubungkan satu pengguna dengan lainnya. Maka, inilah kesempatan anda untuk memperluas jaringan dengan para profesional. Anda bisa terhubung dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan maupun pekerjaan yang sama dengan anda. Akun perusahan-perusahaan juga biasanya rajin mengunggah konten yang bermanfaat seputar dunia kerja. Intinya, mencari koneksi dengan LinkedIn akan sangat bermanfaat bagi perkembangan karir anda.

 

3.Mencari Pekerjaan dan Merekrut Karyawan

(Sumber: meetingmanagementcompany.wordpress.com)

Manfaat satu ini ditujukan secara spesifik menjelaskan tentang bagaimana LinkedIn membantu individu dalam mencari pekerjaan, sekaligus membantu perusahaan dalam melakukan seleksi dan proses perekrutan. LinkedIn memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mencari dan melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan. Hanya dengan satu klik, pengguna dapat melamar pekerjaan sesuai dengan minatnya.

Sementara itu, seperti yang telah disinggung di awal. Kini banyak eksekutif perusahaan yang memanfaatkan LinkedIn dalam proses perekrutan karyawan. Sebagai cv yang dapat diakses online, perekrut akan lebih mudah dapat mencari tahu data profesional anda. Oleh karena itu, selalu melakukan update tentang kehidupan profesional anda adalah yang sangat disarankan agar perusahaan dapat lebih tertarik dengan profil anda. 

4.Sarana Menunjukkan Kelebihan dan Keahlian

(Sumber: forbes.com)

Anda dapat mengunggulkan keahlian maupun kelebihan anda berupa konten yang dapat diunggah di halaman anda. Selain itu, anda dapat menerima pertanyaan terbuka dari orang lain. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi anda untuk memberikan tanggapan sebaik mungkin dan menunjukkan keahlian anda.

 

Itulah manfaat-manfaat memiliki akun LinkedIn dalam menciptakan personal branding yang profesional. Kunjungi LinkedIn Werkudara Institute untuk info seputar Werkudara serta konten menarik lainnya seputar human resource, rekrutmen, psikologi, dan bisnis.

 

Sumber:

1. Finansialku. Karir 2020: Sudah Punya LinkedIn? Apa Manfaatnya Bagi Karirmu?

https://www.finansialku.com/linkedin/ (diakses pada 20 November 2020)

2.Cermati. Manfaat LinkedIn Bagi Karir Kamu

https://www.cermati.com/artikel/manfaat-linkedin-bagi-karir-kamu#:~:text=LinkedIn%20sebagai%20media%20sosial%20bagi,baik%20dari%20para%20profesional%20lain. (diakses pada 20 November 2020)