PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Program pemberdayaan masyarakat merupakan program yang dirancang untuk memberikan daya, kekuatan, dan kemampuan kepada komunitas atau masyarakat untuk mengambil keputusan dan tindakan dengan bijaksana, terutama yang berhubungan dengan dirinya. Program ini kami laksanakan sebagai salah satu bentuk komitmen kami untuk menjadikan Indonesia kuat dan tangguh. Sasaran utama dari program pemberdayaan masyarakat ini adalah komunitas atau masyarakat di daerah pedalaman dan pinggiran yang rentan dan minim akses pendidikan dan pembangunan manusia. Ada 3 (tiga) subprogram utama yang dilaksanakan Werkudara Institute melalui Werkudara Foundation sebagai pelaksana langsung program pemberdayaan masyarakat, yaitu Sekolah Akar Rumput, Sekolah Alam, dan Nusantara Membaca.

Werkudara Foundation

Werkudara Foundation atau Yayasan Werkudara Edukasi Nusantara adalah anak organisasi Werkudara Institute yang khusus menangani program-program pemberdayaan masyarakat dan komunitas. Werkudara Foundation merupakan organisasi nonprofit (NGO) yang bergerak di bidang pendidikan dan literasi dengan menggandeng organisasi-organisasi terkait lainnya dan para ahli di bidang tersebut.

Werkudara Foundation bergerak melalui dukungan dari berbagai pihak, terutama melalui kehadiran para volunteer (relawan). Relawan yang berkarya bersama Werkudara Foundation berasal dari berbagai macam latar belakang usia, profesi, maupun pendidikan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di suatu komunitas atau masyarakat dengan pendekatan yang lebih holistik.

Dengan semangat menjadikan Indonesia kuat dan tangguh, Werkudara Foundation berkomitmen untu bekerja secara profesional, efektif, dan kreatif dengan tetap menjunjung tinggi dan menghidupi DNA Werkudara Institute sebagai holder.

Program Utama

Sekolah Akar Rumput

Sekolah Akar Rumput merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan sasaran pemuda dan dewasa awal yang tinggal di pedesaan yang memiliki niat kuat untuk membangun desanya menjadi sebuah badan usaha bersama. Kurikulum Sekolah Akar Rumput ini disusun dengan pendekatan kontekstual dengan menjunjung tinggi kearifan lokal. Selain mengajarkan hard skill untuk membangun dan mengembangkan desanya secara berkelanjutan, seperti pendidikan ekowisata, pengembangan keterampilan, manajemen desa wisata/budaya, dll., Sekolah Akar Rumput juga mengajarkan soft skill, seperti manajemen, leadership, public speaking, problem solving, dll., yang nantinya juga akan berguna dalam proses pembangunan masyarakat yang dimotori oleh para pemudanya.

Dengan semangat “Mengakar, Tumbuh, dan Menyebar”, Werkudara Foundation melalui Sekolah Akar Rumput diharapkan mampu memberdayakan desa-desa di Indonesia secara ekonomi pada umumnya dan sosial serta budaya secara khusus dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Dengan berdayanya desa-desa yang ada di Indonesia, ke depannya diharapkan terjadi peningkatan pendapatan negara melalui industri kreatif dan mengurangi angka urbanisasi serta pengangguran di tanah air.

Sekolah Alam

Sekolah Alam merupakan program pemberdayaan masyarakat dengan sasaran anak-anak di daerah pedalaman dan pinggiran dengan memberikan pendidikan akademis, nasionalisme, dan karakter luhur yang bersifat kontekstual dan menyatu dengan alam. Kurikulum yang dikembangkan di Sekolah Alam ini adalah kurikulum pendidikan yang memungkinkan siswa belajar dan menyerap ilmu dari media belajar alam sekitar. Kurikulum tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif, rasa cinta tanah air, dan pendidikan integritas.

Dengan jargon “Berguru dengan Alam!”, Werkudara Foundation melalui Sekolah Alam berusaha untuk menumbuhkan kesadaran anak-anak bahwa alam yang diberikan oleh Tuhan dapat menjadi media belajar yang menyenangkan sehingga ke depannya dapat menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan alam sekitar.

Nusantara Membaca

Nusantara Membaca adalah gerakan literasi nusantara dengan tujuan untuk menyebarkan “virus” membaca sekaligus memupuk kebiasaan untuk membaca. Gerakan ini muncul sebagai salah satu bentuk keprihatinan Werkudara Foundation terhadap kondisi anak-anak di Indonesia yang mulai kehilangan minat untuk membaca. Padahal, melalui buku, anak-anak bisa memperluas cakawala pengetahauannya.

Dengan slogan “Satu Buku untuk Sejuta Impian”, Werkudara Foundation melalui Nusantara Membaca mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut terlibat dengan menjadi donatur buku atau relawan lapangan dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.