MENGAKAR, TUMBUH, DAN MENYEBAR

Sekolah Akar Rumput merupakan program Werkudara Foundation yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran pemuda dan dewasa awal yang tinggal di pedesaan yang memiliki niat kuat untuk membangun desanya menjadi sebuah badan usaha bersama. Kurikulum Sekolah Akar Rumput ini disusun dengan pendekatan kontekstual dengan menjunjung tinggi kearifan lokal. Selain mengajarkan hard skill untuk membangun dan mengembangkan desanya secara berkelanjutan, seperti pendidikan ekowisata, pengembangan keterampilan, manajemen desa wisata/budaya, dll., Sekolah Akar Rumput juga mengajarkan soft skill, seperti manajemen, leadership, public speaking, problem solving, dll., yang nantinya juga akan berguna dalam proses pembangunan masyarakat yang dimotori oleh para pemudanya.

Dengan semangat “Mengakar, Tumbuh, dan Menyebar”, Werkudara Foundation melalui Sekolah Akar Rumput diharapkan mampu memberdayakan desa-desa di Indonesia secara ekonomi pada umumnya dan sosial serta budaya secara khusus dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan. Dengan berdayanya desa-desa yang ada di Indonesia, ke depannya diharapkan terjadi peningkatan pendapatan negara melalui industri kreatif dan mengurangi angka urbanisasi serta pengangguran di tanah air.

Project 1: Assessment & Intervention Design

Project pertama yang akan dilakukan dalam proses inisiasi Sekolah Akar Rumput adalah asesmen lapangan dan mendesain model intervensi yang akan digunakan, dalam hal ini lebih ke arah pendidikan. Dalam project ini, ada tiga tahap yang akan dilakukan, yaitu pengambilan data lapangan, community mapping, dan mendesain prototipe model intervensi yang akan digunakan. Project 1 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat dan menemukan permasalahan utama di setiap sektor terkait beserta potensi yang bisa dikembangkan secara mendalam dan holistik sehingga dapat menjadi dasar untuk mendesain model intervensi pendidikan yang paling efektif dan efisien. Dalam kegiatan ini, Werkudara Foundation akan bekerja sama dengan para surveyor yang merupakan volunteers atau relawan yang telah diseleksi.

Project 2: Concept & Trial

Project kedua yang akan dilakukan dalam proses inisiasi Sekolah Akar Rumput adalah menyusun konsep sekolah berdasarkan data yang diperoleh di project 1 dan melakukan uji coba terhadap konsep yang disusun. Dalam project ini, tim peneliti akan menyusun konsep sekolah dan kemudian mengujicobakannya di lapangan dengan responden yang juga merupakan masyarakat di lokasi intervensi. Uji coba dilakukan minimal 4 (empat) kali dengan pendekatan within subject experiment menggunakan alat ukur yang terstandar. Project ini bertujuan untuk melihat efektivitas konsep dan metode belajar di Sekolah Akar Rumput berdasarkan kurikulum yang telah didesain di project 1. Dalam kegiatan ini, Werkudara Foundation akan bekerja sama dengan para asesor dan trainer yang merupakan relawan yang sudah diseleksi.

Project 3: Implementation & Evaluation

Penyusunan konsep dan trial di porject 2 kemudian dibakukan menjadi kurikulum. Kurikulum tersebut kemudian diimplementasikan melalui program pembelajaran secara rutin. Program pembelajaran yang sudah terlaksana kemudian dievaluasi baik dari peserta didik maupun tenaga pendidiknya sehingga ada perbaikan dalam kurikulum dan silabus pembelajaran. Peserta didik yang lulus evaluasi dapat melanjutkan proses pembelajaran ke tahap berikutnya. Sebaliknya, jika peserta didik tidak lolos evalusi, peserta didik harus menjalani program remidi. Bentuk evaluasi akan lebih banyak dilakukan secara praktik karena akan mengukur keterampilan dan sikap peserta didik secara langsung.